Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Pakaian Ketat, Puluhan Warga Aceh Barat Terjaring Razia

Kompas.com - 22/10/2013, 14:26 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Puluhan warga Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terjaring razia busana muslim yang digelar oleh Wilyatul Hisbah (WH), Selasa (22/10/2013). Para pelanggar yang terjaring dalam razia tersebut umumnya kaum wanita yang menggunakan pakaian ketat.

Razia busana muslim yang digelar oleh WH di Jalan Nasional, pusat Kota Meulaboh, Aceh Barat,  ini juga melibatkan sejumlah personel kepolisian dan TNI.

Dalam razia kali ini, petugas menjaring sekitar 30 pelanggar syariat Islam. Umumnya, mereka kaum wanita yang menggunakan pakaian ketat. Pelanggar yang terjaring razia langsung dilakukan pembinaan oleh petugas di lokasi razia setelah dicatat identitasnya.

Razia digelar untuk menertibkan warga Aceh Barat agar menggunakan pakaian sesuai dengan Qanun Syariat Islam yang berlaku di Aceh. Razia juga ditujukan untuk menertibkan sejumlah PNS yang berkeliaran di waktu jam dinas. Hal ini diungkapkan Samsul Alam, Kasat Pol PP, dan WH Aceh Barat di lokasi razia.

Salah satu PNS yang terjaring razia merasa terganggu dengan kegiatan razia tersebut. Sebab, tidak ada langkah sosialisasi sebelum digelar razia.

“Saya terkejut tiba-tiba ada razia, padahal saya keluar dari kantor karena ada keperluan, dan jadwal mengajar di sekolah pun sedang kosong,” kata Mardiani, guru yang bertugas di SMP 2 Aceh Barat.

Hal yang sama juga diungkap oleh salah seorang ibu yang tak mau disebut namanya. “Karena razia, kendaraan saya terjatuh karena takut melihat ada razia tiba-tiba," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com