Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Haji Sekarang, Berangkat Tahun 2027

Kompas.com - 18/09/2013, 12:15 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Masyarakat Banyuwangi yang akan menunaikan ibadah haji sepertinya harus ekstra sabar. Pasalnya, kuota haji untuk wilayah Kabupaten Banyuwangi sudah terisi sampai tahun 2027.

Hal tersebut diungkapkan Muchlis, Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Rabu (18/9/2013).

"Yang daftar tahun ini naik hajinya tahun 2027. Bisa juga lebih lama. Dilihat dari pegurangan kuota 20 persen dari total jemaah haji Indonesia. Kalau pemberlakuan diteruskan bisa jadi pemberangkatannya setelah 2027," ungkapnya.

Muchlis menerangkan, pengurangan kuota 20 persen juga berpengaruh pada jumlah pemberangkatan haji di Banyuwangi. "Untuk tahun ini, di Banyuwangi ada 101 jemaah yang dibatalkan keberangkatannya. Ada yang membatalkan, karena pasangan dan keluarganya masuk pada pengurangan kuota. Jadi yang berangkat tahun ini total 791 jemaah yang tergabung pada kloter 53 dan 54," kata Muchlis.

Untuk Jawa Timur, lebih dari 6.500 calon jemaah haji dipastikan gagal berangkat pada tahun 2013 ini. Hal ini akibat ada pengurangan kuota haji yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. Namun, Kementerian Agama menjamin jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini akan berangkat tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com