Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Merah Rp 1.250 Per Buah

Kompas.com - 14/08/2013, 19:28 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Lima hari pasca-Lebaran, harga kebutuhan sembako di pasar tradisional Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tak kunjung turun.

Bawang merah, misalnya, masih dijual pedagang Rp 70.000 dari harga sebelumnya naik Rp 30.000 per kilogram. Sementara harga ayam potong masih Rp 55.000 per ekor, naik dari Rp 37.000 sebelum Lebaran.

Harga cabai merah juga cukup mahal, yakni Rp 1.250 per biji. Padahal, sebelumnya, cabai merah dijual dengan harga Rp 2.000 per lima buah.

Kurangnya pasokan sejumlah barang kebutuhan pokok dan bumbu pasca-Lebaran dijadikan alasan para pedagang untuk menjual barang dagangan dengan harga tinggi. Para pedagang juga beralasan dagangan yang dijual itu dibeli dengan harga lama.

"Barang yang kita jual masih dibeli dengan harga lama, makanya tetap dijual dengan harga penyesuaian. Lagi pula banyak jenis barang yang kurang, seperti bawang, makanya mahal," ujar Lina, pedagang sayur-mayur di Pasar Baru, Rabu (14/8/2013).

Pedagang lainnya berdalih, harga yang tinggi itu disebabkan kurangnya stok dagangan mereka. Yang lain beralasan mereka sulit berjualan dengan harga murah karena distributor atau pemasok memberi harga yang cukup tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com