Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemudik Pakai Pesawat Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 26/07/2013, 14:52 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Evert Erens Mangindaan memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2013 meningkat. Menurut Evert, rata-rata peningkatan jumlah pemudik tiap moda transportasi yang digunakan bisa mencapai 6,7 persen. Tertinggi adalah pemudik yang menggunakan pesawat terbang.

"Rata-rata pemudik dari seluruh akomodasi baik darat, laut, dan udara meningkat sebanyak 6,7 persen," kata Evert saat ditemui di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/7/2013).

Namun, Evert memberi perhatian khusus kepada pengguna akomodasi pesawat terbang. Moda transportasi ini, kata Evert, adalah yang paling tinggi peningkatannya.

"Paling tinggi adalah pengguna pesawat terbang. Bisa mencapai 11,8 persen. Untuk angka pastinya, saya tidak hapal," ucapnya.

Selain itu, Evert memprediksi jika puncak arus mudik akan jatuh pada H-4 Lebaran, atau 3 hari setelah gaji dan THR diterima oleh para karyawan perusahaan maupun pegawai negeri.

"Tanggal 1 kan, terima gaji. Perusahaan-perusahaan juga mengeluarkan THR tanggal 1 paling lama. Sehingga mereka akan pulang cepat-cepat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com