Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Beri Makan Plastik ke Kuda Nil di Taman Safari Bogor, Pengelola Cari Pelaku

Kompas.com - 22/06/2024, 11:02 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Wisatawan berada dalam mobil yang diduga beri makan sampah plastik ke kuda nil kini diburu pengelola Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, unggahan sebuah video memperlihatkan sejumlah wisatawan yang berada di dalam mobil tampak sedang memberi makan wortel ke seekor rusa dan kuda nil.

Namun dalam video pertama, pengunjung terebut memasukkan wortel ke hidung rusa.

Video berikutnya, seekor kuda nil disodorkan wortel, saat hewan itu membuka mulut, pengunjung tersebut malah melempar sampah plastik ke mulut kuda nil.

Head of Media and Digital TSI Bogor, Finky Santika mengatakan, berdasarkan hasil penelusuran, pengunjung tak bertanggungjawab tersebut mengenakan kendaraan dengan plat nomor B 1949 CIC.

Baca juga: Viral Video Pengunjung Taman Safari Bogor Diduga Beri Makan Plastik ke Kuda Nil

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang melakukan penelusuran data terhadap pengunjung yang melakukan pelanggaran untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Terutama perihal identitas pengunjung tersebut agar yang bersangkutan mendapatkan sanksi peringatan berupa penyataan maaf atas tindakannya tersebut. Sehingga bisa menjadi pelajaran bagi pengunjung lain untuk taat terhadap SOP," kata Finky dikutip dari TribunnewsBogor, Sabtu (22/6/2024).

Finky menyebut, wisatawan tersebut kerap melakukan pelanggaran peraturan selama di Taman Safari Bogor, mulai membuka jendela di area harimau hingga memasukan wortel ke hidung hewan.

"Menurut keterangan saksi, pengunjung tersebut juga melanggar SOP di area harimau yakni membuka jendela mobil dan petugas berkali-kali menegur yang bersangkutan," ujarnya.

Selain itu, pengunjung tersebut juga melanggar aturan dengan menyentuh bagian tubuh dari hewan zebra.

Baca juga: Bromo Ditutup 4 Hari bagi Wisatawan, Catat Tanggalnya

"Di area zebra, pengunjung ini juga menepuk pantat zebra yang secara aturan dilarang keras. Petugas yang jaga di lokasi juga sudah menegur yang bersangkutan," terangnya.

Pihaknya menyayangkan aksi ini dan meminta pengunjung lain tidak meniru sikap tidak terpuji tersebut.

"TSI sebagai lembaga konservasi yang menjunjung tinggi nilai kinservasi dan perlindungan satwa mengutuk dan mengecam keras tindakan pengunjung tersebut," ucapnya.

Adapun plastik yang masuk ke dalam tubuh kuda nil saat ini sudah di keluarkan oleh petugas.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wisatawan Taman Safari Bogor Kasih Makan Plastik ke Kuda Nil, Manajemen Buru Pelaku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com