Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata di Kabupaten Semarang Mulai Dipadati Pengunjung

Kompas.com - 12/04/2024, 12:45 WIB
Dian Ade Permana,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Tempat wisata di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai dipadati pengunjung di musim libur Lebaran 2024. Salah satunya Saloka Theme Park yang berada di Tuntang Kabupaten Semarang.

Media Relation Saloka Theme Park, Sandra Luthfi Afifah mengatakan, lonjakan pengunjung mulai terasa H+1 lebaran.

"Diperkirakan puncak kunjungan wisatawan akan terjadi mulai Jumat sampai Minggu," ujarnya, Jumat (12/4/2024).

Baca juga: Libur Lebaran, Kebun Binatang Surabaya Diserbu 15.000 Pengunjung

Sandra mengatakan, pada kondisi normal jumlah kunjungan berkisar 1.000 orang. Namun, saat ini telah mencapai 2.000 orang per hari.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah, apalagi jika cuaca mendukung, pengunjung pasti lebih banyak jika tidak hujan. Kebanyakan masih wisatawan lokal dari Jawa Tengah, meski ada juga yang dari Jakarta dan Jawa Timur," paparnya.

Sandra mengatakan, selama musim libur Lebaran, ada Saloka Mubarak yang menyajikan pertunjukan bertema Timur Tengah. Tak hanya dari segi dekorasi, tapi juga atraksi seni, kuliner, dan teater.

"Kuliner Timur Tengah ada di berbagai tenant, termasuk food truck dengan sajian khas," ujarnya.

Selain itu, adanya wahana baru Petualangan Galileo juga menjadi favorit baru pengunjung Saloka Theme Park. Meski baru dibuka pada Selasa (2/4/2024), tujuh zona yang tersedia, yakni Bumi dan Alam, Jurassic, Dunia Bawah Laut, Indera Manusia, Flora dan Fauna, Dirgantara, dan Antariksa, sangat diminati pengunjung.

"Di Petualangan Galileo, tak hanya anak-anak yang senang, orang dewasa juga bisa menikmati. Karena di wahana tersebut ada pengetahuan yang bisa diserap pengunjung," kata Sandra.

Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba wahana yang menaikkan adrenalin yakni Cakrawala, Pakubumi, serta Kumbanglayang.

"Kalau ingin menonton pertunjukan, ada Baru Klinting Show yang dimainkan pukul 18.00 WIB," ungkapnya.

Pengunjung asal Lamongan Jawa Timur, Yanto mengatakan dirinya berkunjung bersama keluarga.

Baca juga: Pemkab Bandung Barat Cegah Aksi Getok Tarif Parkir di Lembang Selama Libur Lebaran 2024

"Tidak ada keluarga disini, tapi memang diniatkan untuk wisata ke Jawa Tengah, rencananya setelah ke Saloka, lalu ke Borobudur, lanjut ke Jogja dan balik ke Lamongan lagi," ujarnya.

"Momen Lebaran, liburan bisa sama dengan anak-anak, jadi dimanfaatkan untuk pergi bersama. Terpenting semua senang dan bisa menikmati," kata Yanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com