Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gelar Pasar Pasisian Leuweung, Dishut Jabar Dongkrak Penjualan Hasil Pertanian Petani Milenial dan Poktan

Kompas.com - 10/07/2023, 11:27 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jabar menggelar acara Pasar Pasisian Leuweung guna mendongkrak penjualan hasil pertanian yang dikelola para petani milenial (petmil) dan kelompok tani hutan (KTH).

Pasar hutan tersebut digelar untuk memeriahkan ajang balap sepeda di Jabar, yaitu Cycling de Jabar (CDJ) 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di dua lokasi, yakni Pantai Ciletuh di Kabupaten Sukabumi dan Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran pada Sabtu (8/7/2023) sampai Minggu (9/7/2023).

Selama acara Pasar Pasisian Leuweung berlangsung, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mencicipi durian yang dijajakan KTH Binaan Dishut Jabar di Alun-alun Paamprokan, Kabupaten Pangandaran.

Baca juga: Proyek Jembatan Sodongkopo Dimulai, Ridwan Kamil: Pangandaran-Batu Karas Hanya 10 Menit

Selain durian, pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga mencicipi sup jamur produksi petani milenial.

Enggan menyia-nyiakan kesempatan, ia menyusuri stand selanjutnya untuk mempromosikan madu hutan hasil olahan petmil Dishut Jabar secara live online di Instagram Petmil.

“Saya sangat mengapresiasi KTH dan Petmil Dishut yang mampu memanfaatkan hasil hutan nonkayu tersebut,” ujar Kang Emil dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Terlebih, pemimpin nomor satu di Jabar itu belum lama ini juga melaksanakan inagurasi petani milenial yang bertempat di Universitas Padjadjaran, Kota Bandung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Jabar Dodit Ardian Pancapana mengatakan, pihaknya telah memberikan pembinaan, proses memanen hingga produksi untuk dijual kepada para petani milenial dan KTH.

Baca juga: Sapi Milik Petani Milenial Sleman Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

"Jadi, jika selama ini proses penjualan itu dilepas begitu saja, untuk kali ini, pemerintah memberikan suatu intensif kepada para petani rimbawan, agar mereka bisa menjual langsung hasil produksinya di tempat itu juga," ujar Dodit ketika ditemui pada acara Pasar Leuweung di Alun-alun Paamprokan, Kabupaten Pangandaran.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat melakukan penanaman pohon di sekitar Alun-alun Paamprokan.
DOK. Humas Pemprov Jabar Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat melakukan penanaman pohon di sekitar Alun-alun Paamprokan.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil bersama Dodit dan Bupati Pangandaran Jeje Wirahadikusumah juga melaksanakan penanaman pohon di sekitar Alun-alun Paamprokan.

Kang Emil secara simbolis menyerahkan vegetasi pantai kepada Kelompok Masyarakat Konservasi Cinta Bahari, dan Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut.

Jumlah keseluruhan vegetasi pantai yang diserahkan sebanyak 23.500 pohon dengan jenis Cemara Laut, Barringtonia, Ketapang Laut, dan Pandan Laut yang akan ditanam di pesisir Pantai Pangandaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com