Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pengasuh Ponpes Ibnul Amin Pemangkih KH Muchtar Tutup Usia, Bupati HST Iringi ke Pemakaman

Kompas.com - 19/06/2023, 18:37 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi menyampaikan duka cita atas meninggalnya pengasuh sekaligus pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Ibnul Amin, Muchtar HS bin H Salaman.

“Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua dan semoga Almarhum KH Muchtar HS bin Salaman diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosa-dosanya, dan mendapatkan tempat yang layak disisi Allah SWT,” tuturnya dalam siaran pers, Senin (19/6/2023).

Dia menyatakan, masyarakat Kabupaten HST kehilangan ulama kharismatik yang sangat peduli dengan kemajuan dunia pendidikan.

KH Muchtar HS tutup usia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Damanhuri Barabai pada usia 81 tahun, Sabtu (17/6/2023) sekitar pukul 11.00 Waktu Indonesia Timur (WITA).

Baca juga: Banyak Orangtua Daftarkan Anak ke SD Tanpa Ikuti PAUD, Bupati HST: Anak Jadi Kurang Nikmati Proses Belajar

Aulia pun ikut menshalatkan dan mengiringi jenazah menuju tempat pemakaman. Setelah di shalatkan di masjid ponpes, mendiang dimakamkan di Komplek Ponpes Ibnul Amin selepas shalat ashar pada hari yang sama.

Untuk diketahui, Ponpes Ibnul Amin didirikan pada 11 Mei 1959 atau 22 Syawal 1378 Hijriah. Ponpes ini didirikan almarhum KH Mahfuz Amin bin KH Muhammad Ramli bin HM Amin.

Pada 23 Oktober 1958, ponpes tersebut dikenal sebagai Ponpes Hulu Kubur yang tak tertulis dalam papan nama kemudian akhirnya diberi nama Ibnul Amin oleh KH Mahfuz Amin.

Sebelum meninggal pada 1994, KH Mahfuz menangani ponpes tersebut. Ponpes ini kini diserahkan kepada KH Muchtar, santri senior di Ibnul Amin.

Baca juga: Bupati HST Terima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kemendikbud Ristek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com