Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gerbangdutas 2023 di Maluku Barat Daya Bakal Diresmikan Menko Polhukam dan Mendagri

Kompas.com - 14/06/2023, 13:45 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Kepala BNPP Muhammad Tito Karnavian akan mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2023 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku.

Pencanangan tersebut akan diselenggarakan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1511, Pulau Moa, MBD, Kamis (15/6/2023). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan BNPP dalam kunjungan kerja ke MBD pada Rabu (14/6/2023) sampai Kamis (15/6/2023).

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris BNPP Robert Simbolon mengatakan, pencanangan Gerbangdutas 2023 adalah gerakan nasional yang diserasikan sebagai simbol dimulainya pembangunan di kawasan perbatasan negara untuk berjalan sesuai dengan rencana kerja pemerintah

"Pemerintah pusat pada 2023 mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,7 triliun untuk mendukung pelaksanaan rencana aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP),” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip dari news.malukubaratdayakab.go.id, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Tahun 2024, Berikut Alokasi Pembangunan Rusun, Rusus, hingga PSU

Dana sebesar Rp 7,7 triliun untuk pembangunan perbatasan tersebut, lanjut Robert, digunakan oleh 28 kementerian dan lembaga (K/L) yang sebagian besar merupakan anggota BNPP.

Pemberian bantuan kepada masyarakat

Dalam seremoni pencanangan Gerbangdutas Tahun 2023, ia mengatakan, pihaknya juga akan memberikan sejumlah layanan dan bantuan kepada masyarakat.

“(Bantuan tersebut), berupa 850 paket sembako dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI) yang akan didistribusikan ke 12 kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan,” jelas Robert, yang secara definitif menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP.

Adapun 12 kecamatan Lokpri tersebut adalah Kecamatan Letti, Kecamatan Moa, Kecamatan Kisar Utara, Kecamatan Kisar Selatan, Kecamatan Mdona Hiera, Kecamatan Pulau Masela, Kecamatan Wetar Barat, Kecamatan Wetar, Kecamatan Wetar Timur, Kecamatan Wetar Utara, Pulau Babar, Pulau Terselatan.

Baca juga: Pendamping PKH di Malang Jadi Tersangka Penyelewengan Dana Bantuan

Selain sembako, Robert mengatakan, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan untuk Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer).

Adapun bantuan tersebut berupa 30 unit motor tempel berkekuatan 7,5 Paardenkracht (Pk) dan genset 300 Watt (W) sebanyak enam unit oleh PT Deli Pratama Nusantara, serta solar cell 500 W sebanyak enam unit dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Tak hanya itu, Robert mengungkapkan, pihaknya juga menyelenggarakan layanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kemendagri, serta layanan Kesehatan Ibu dan Anak oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku dan Dinkes Kabupaten MBD.

"Pada Gerangdutas kali ini kami juga memfasilitasi pelaksanaan Gerakan Pangan Murah oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas)," tuturnya.

Robert menjelaskan, pencanangan Gerbangdutas 2023 akan ditandai dengan peresmian sejumlah sarana dan prasarana yang telah selesai digarap pada 2022.

Baca juga: Ditjenbun Sebut Akselerasi Perkebunan Kelapa Sawit Butuhkan Sarana dan Prasana Tepat

Proyek yang akan diresmikan adalah preservasi jalan di Pulau Leti, perbaikan jalan Kliis-Nyama sepanjang 174 kilometer (km), penggantian Jembatan Wear Nuwewang sepanjang 20 meter (m) di Pulau Leti.

Kemudian, peresmian pembangunan gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 20 Pulau Masela, pembangunan gedung Laboratorium Kimia SMAN 9 di Kecamatan Moa, dan pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Pondok Tiakur.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com