Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Danny Pomanto Bersama Brigjen TNI Amir Kasman Lepas Peserta City Parade MNEK 2023

Kompas.com - 07/06/2023, 17:46 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto bersama Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI Brigadir Jenderal TNI Amir Kasman melepas peserta City Parade Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 di Jalan Ahmad Yani, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (6/6/2023).

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam siaran persnya, Rabu (7/6/2023), menyatakan bahwa sebanyak 10 negara dari 36 delegasi yang mengikuti MNEK 2023 ikut berpartisipasi menjadi peserta City Parade.

"Negara itu adalah China, Australia, Malaysia, Rusia, Italia, Pakistan, Thailand, Indonesia, Vietnam, dan India. Setiap negara mengutus 20 personel," tulis Pemkot Makassar.

Mereka membawa benderanya masing-masing dan melakukan kirab dimulai dari Lapangan Karebosi di Jalan Ahmad Yani dan kemudian melintasi Jalan Jenderal Sudirman, Haji Bau, lalu finis di Anjungan Pantai Losari.

Baca juga: Sambut MNEK 2023, Danny Pomanto Pamerkan Proses Pembuatan Kapal Pinisi

Peserta City Parade terdiri dari empat kelompok. Kelompok pertama ada sepuluh negara melakukan parade diringi aksi dari GS Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut.

Sementara itu, di kelompok kedua ada atraksi drumband dari pleton pramuka SMP dan SMA Hang Tuah, SMAN 16 Makassar, dan Politeknik Pariwisata Kota Makassar.

City Parade ini juga melibatkan drumband dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Kepolisiaran Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNL) Angkatan Laut (AL), TNI Angkatan Udara (AU), TNI Angkatan Darat (AD), dan lembaga pemerintahan.

Adapun lembaga pemerintah yang dimaksud, seperti, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Bea Cukai, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com