KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Open House di Tawangmangu, Ganjar dengan Ramah Salami 6.000 Orang Lebih dari Seluruh Indonesia

Kompas.com - 24/04/2023, 17:05 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo nampak tetap tersenyum dan ramah menyapa ribuan orang yang terus berdatangan di acara open house di tempat kelahirannya, di Tawangmangu, Karanganyar, Senin (24/4/2023).

Padahal ia berdiri dan menyalami 6.000 masyarakat yang hadir di acara itu selama seharian penuh, sejak pagi hingga petang,

Sejak pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), Ganjar sudah berdiri di depan Griya Sri Suparmi bersama anak dan istri. Satu per satu, ribuan masyarakat yang sudah berjubel sejak pagi berjalan mendekati pria berambut putih ini untuk bersalaman dan foto bersama.

Tak ada sedikitpun jeda untuk Ganjar duduk atau sekadar istirahat. Sebab, tamu yang berdatangan terus mengalir hingga pukul 15.00 WIB.

Selama itu, Ganjar berdiri dan menyalami tamu yang datang. Ia hanya istirahat sebentar untuk salat dhuhur. Setelah itu, ia kembali menyapa masyarakat dengan senyumnya yang hangat.

Baca juga: Jamise Syari Bagikan 1.000 Paket Beras Kepada Masyarakat Membutuhkan di Bandung

"Terima kasih, maturnuwun sudah datang. Selamat Lebaran ya, maaf lahir batin ya. Salam untuk keluarga," ucapnya setiap menyalami warga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Tak nampak lelah dari wajah Ganjar. Ia tetap semangat dan antusias bertemu warga.

Semangatnya semakin berkobar, saat rombongan organ relawan Ganjar berdatangan. Teriakan mereka membuat semangat gubernur dua periode ini kembali membuncah.

"Iya, Pak Ganjar nggak ada capek-capeknya. Padahal sejak pagi sampai sore beliau berdiri menyalami warga. Saya saja dulu waktu nikahan anak, menyalami tamu beberapa jam saja sudah capek sekali," kata Diah (45) salah satu peserta open house Ganjar asal Lampung.

Ia menduga, Ganjar melakukan open house itu dengan sepenuh hati. Kedekatannya dengan rakyat dan respons rakyat yang begitu mencintai Ganjar menjadi energi tersendiri.

Baca juga: Soal Wacana Prabowo Cawapres Ganjar, Gerindra: Capres Hanya Satu, Prabowo

"Kelihatan betul kalau beliau ini benar-benar tulus pada rakyat. Jadi bawaannya happy," ucap Diah.

Menurut Ketua Panitia Open House Ganjar, Kliwon mengatakan, acara open house pada 2023 memang digelar berbeda dari tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan, open house biasanya hanya untuk warga sekitar, tetapi kali ini digelar untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Dari seluruh Indonesia hadir. Dari kelompok relawan saja yang konfirmasi mau hadir sekitar 5.000 orang. Belum dari masyarakat sekitar dan daerah tetangga. Kalau 6.000 orang sepertinya lebih," jelas Ganjar.

Baca juga: Cerita di Balik Kemeriahan Open House Ganjar Pranowo di Karanganyar

Untuk diketahui, Ganjar menggelar acara open house di tiga tempat berbeda. Open house pertama, digelar Ganjar di kediaman sang istri di Purbalingga, kemudian dilanjutkan di kediaman keluarga Ganjar di Kutoarjo, Purworejo.

Setelah Kutoarjo, Ganjar menggelar open house di rumah kelahirannya di Tawangmangu, Senin (24/4/2023). Sebanyak 6.000 lebih tamu dari seluruh Indonesia hadir dalam acara itu.

 

 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com