Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rob di Cilacap, Puluhan Warung Rusak, Rumah Warga Tergenang

Kompas.com - 26/12/2022, 09:59 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Andi Hartik

Tim Redaksi

 

CILACAP, KOMPAS.com - Puluhan warung non-permanen di bibir Pantai Sodong, Cilacap, Jawa Tengah, rusak diterjang banjir rob pada Jumat (23/12/2022) malam.

Banjir rob juga menggenangi akses jalan menuju Pantai Sodong dan halaman rumah warga Dusun Congot, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap, dengan ketinggian 5-15 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Wijonardi mengatakan, banjir terjadi karena peningkatan ketinggian pasang air laut sehingga muara Pantai Sodong meluap.

Baca juga: Waspada Banjir Rob di Cilacap, BPBD Minta Masyarakat Menjauh dari Pantai

"Banjir rob di Pantai Sodong mengakibatkan (fasilitas) MCK dan halte tunggu pengunjung roboh. Paling parah warung-warung pinggir Pantai Sodong," kata Wijonardi kepada wartawan, Senin (26/12/2022).

Hingga saat ini, tim gabungan masih terus melakukan pemantauan secara berkala di sepanjang pesisir.

Baca juga: Sosok Polisi yang Jadi Kusir Kereta Pengantin Kaesang-Erina, Ternyata Bhabinkamtibmas di Cilacap

"Kami mengimbau kembali kepada warga untuk selalu waspada. Dan, sudah diminta mengamankan aset, sehingga risiko kerugian bisa dikurangi," ujar Wijonardi.

Sementara itu, banjir rob juga dilaporkan terjadi di pesisir Kota Cilacap pada Minggu (25/12/2022) malam. Akibatnya puluhan rumah warga tergenang.

"Banjir rob di Kelurahan Cilacap mengakibatkan 40 rumah warga di RT 5 RW I tergenang," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Cilacap Gatot Arif Widodo.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat diminta mewaspadai potensi banjir rob di pesisir selatan Kabupaten Cilacap pada tanggal 22-27 Desember 2022.

Hal itu menyusul peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai potensi banjir rob di pesisir selatan Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com