Salin Artikel

Banjir Rob di Cilacap, Puluhan Warung Rusak, Rumah Warga Tergenang

 

Banjir rob juga menggenangi akses jalan menuju Pantai Sodong dan halaman rumah warga Dusun Congot, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap, dengan ketinggian 5-15 sentimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Wijonardi mengatakan, banjir terjadi karena peningkatan ketinggian pasang air laut sehingga muara Pantai Sodong meluap.

"Banjir rob di Pantai Sodong mengakibatkan (fasilitas) MCK dan halte tunggu pengunjung roboh. Paling parah warung-warung pinggir Pantai Sodong," kata Wijonardi kepada wartawan, Senin (26/12/2022).

Hingga saat ini, tim gabungan masih terus melakukan pemantauan secara berkala di sepanjang pesisir.

"Kami mengimbau kembali kepada warga untuk selalu waspada. Dan, sudah diminta mengamankan aset, sehingga risiko kerugian bisa dikurangi," ujar Wijonardi.

Sementara itu, banjir rob juga dilaporkan terjadi di pesisir Kota Cilacap pada Minggu (25/12/2022) malam. Akibatnya puluhan rumah warga tergenang.

"Banjir rob di Kelurahan Cilacap mengakibatkan 40 rumah warga di RT 5 RW I tergenang," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Cilacap Gatot Arif Widodo.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat diminta mewaspadai potensi banjir rob di pesisir selatan Kabupaten Cilacap pada tanggal 22-27 Desember 2022.

Hal itu menyusul peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai potensi banjir rob di pesisir selatan Jateng.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/26/095921678/banjir-rob-di-cilacap-puluhan-warung-rusak-rumah-warga-tergenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke