Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Warga Kota Medan Bisa Berobat Gratis Mulai 1 Desember, Walkot Bobby Minta Jajarannya Sosialisasikan

Kompas.com - 29/11/2022, 10:08 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Kabar gembira datang bagi masyarakat Kota Medan. Pasalnya, mulai 1 Desember 2022, masyarakat Kota Medan akan mendapatkan pelayanan kesehatan di semua rumah sakit di Ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

Masyarakat Kota Medan bisa mendapatkan layanan gratis hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja.

Hal tersebut bisa terwujud karena Kota Medan telah mencapai angka kepesertaan BPJS Kesehatan hampir sebesar 96 persen dari jumlah penduduk.

Alhamdulillah, sebagai salah satu program prioritas di bidang kesehatan, hari ini kita telah mencapai tahap untuk meng-cover masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Semoga ini bisa membawa kebaikan bagi masyarakat Kota Medan,” ungkap Wali Kota (Walkot) Kota Medan Bobby Nasution dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Dorong Pelaku UMKM Kota Medan, Bobby Nasution Gratiskan Pengurusan Sertifikat Halal UMKM Saat Gelaran Pekan KHAS

Hal itu disampaikan oleh Bobby Nasution saat menerima kunjungan Kepala BPJS Kesehatan Kota Medan Sari Quratul Aini di Balai Kota Medan, Senin (28/11/2022).

Adapun pertemuan tersebut ditandai juga dengan penandatanganan kesepakatan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dan BPJS Kesehatan Kota Medan tentang Penetapan Peserta Awal Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja Pemerintah Daerah Kota Medan dalam Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2022-2023.

Walkot Bobby mengatakan, tugas Pemkot Medan selanjutnya melalui stakeholder terkait adalah menyosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat secara massif. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi ragu untuk meminta pelayanan kesehatan.

Baca juga: Terapkan Eco Office di Kantor Pemkot Medan, Walkot Bobby Dapat Apresiasi dari BPK Perwakilan Sumut

“Saya meminta kepada asisten pemerintah untuk menyampaikan ke semua jajaran, baik dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga ke lingkungan untuk menyosialisasikan hal ini. Dengan begitu, tidak akan ada lagi masyarakat yang ketakutan untuk datang ke fasilitas pelayanan kesehatan karena masalah ekonomi yang dirasa kurang memadai,” ujar Bobby.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kota Medan Sari Quratul Aini mengatakan, angka kepesertaan BPJS Kesehatan Kota Medan menjadi jumlah paling besar di Sumut.

Ia berharap, di tahun depan, Kota Medan juga bisa mencapai target nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yakni sebesar 98 persen.

“Setiap masyarakat yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK) apabila belum terdaftar atau belum aktif karena menunggak bisa dialihkan menjadi pembiayaan peserta bantuan iuran (PBI)," kata Sari.

"Sebab, semua sistem kita di rumah sakit telah terintegrasi. Jadi, kami yakin ini akan mewujudkan keseriusan Pemkot Medan untuk mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju, dan kondusif,” ujar Sari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com