Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ketua TP PKK Jabar Berharap Tradisi Munggahan Jadikan Umat Muslim Lebih Dekat dengan Keluarga

Kompas.com - 04/04/2022, 18:05 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya mengatakan, datangnya Ramadhan menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

"Masyarakat Jabar, khususnya Sunda, memiliki tradisi munggahan, yakni berkumpul, berdoa, hingga makan bersama untuk menyambut datangnya Ramadhan," kata Atalia, dikutip dari keterangan persnya, Senin (4/4/2022).

Atalia pun berharap, seluruh masyarakat Jabar bisa menikmati Ramadhan untuk lebih dekat dengan keluarga.

"Ini mudah-mudahan menjadi momentum kebersamaan keluarga sebetulnya karena saya berharap keluarga-keluarga lain juga akan memanfaatkan momentum ini untuk lebih dekat dengan keluarga," harapnya.

Baca juga: Tak Bisa Dihindari, Transformasi TV Digital Disebut Ridwan Kamil Hasilkan Pajak Negara Rp 77 Triliun

Atalia bercerita, dia dan suaminya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, akan mengawali munggahan dengan berziarah ke makam leluhurnya di Kabupaten Subang, Sealsa (5/4/2022).

Selepas itu, Atalia bersama Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) dijadwalkan akan melakukan salat tarawih di Masjid Pusdai Kota Bandung.

"Kami punya tradisi bahwa setiap buka bersama itu wajib untuk melaksanakannya di rumah masing-masing minimal kita semua keluarga berkumpul," ucapnya.

Atalia menceritakan, salah satu yang spesial dalam menyambut Ramadhan bersama Kang Emil adalah menyiapkan menu berbuka untuk puasa keluarga.

"Menu favorit Kang Emil itu sangat sederhana dan ringan sekali. Yang paling penting ada es campur atau kalau saya itu biasanya, itu adalah es blewah, es timun suri. Itu yang ditunggu-tunggu," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua TP PKK Jabar: Kualitas Pemuda Harus Ditingkatkan lewat Pendidikan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com