Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2022, 22:43 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

PATI, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Jawa Tengah mencatat sempat ditemukan satu kasus positif Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, varian B.1.1.529 tersebut menginfeksi seorang ibu muda berusia 30 tahun asal Kecamatan Juwana.

Baca juga: Satu Warga Kabupaten Blitar Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

"Iya benar seorang terkonfirmasi varian Omicron, namun sudah sembuh dinyatakan negatif," kata Haryanto saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (8/2/2022).

Dijelaskan Haryanto, sebelumnya ibu muda yang tengah mengandung tersebut hendak melakukan persalinan di salah satu rumah sakit di Kabupaten Pati pada pertengahan Januari 2022. 

Setelah dilakukan skrining yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 merujuk dari hasil swab PCR.

Sampel ibu tersebut kemudian dikirimkan ke laboratorium di Semarang untuk pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) dan belakangan hasilnya terkonfirmasi varian Omicron.

"Hasil lab baru keluar akhir Januari. Yang kontak langsung sudah ditracing dan semua negatif termasuk bayinya. Begitu positif diisolasi terpusat. Jadi ibu ini kerja di Semarang dan melahirkan pulang ke Pati," ungkap Haryanto.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati hingga Selasa (8/2/2022) siang ada 126 kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya 81 orang isolasi mandiri dan sisanya menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Riau Sudah Kirim 539 Sampel Probable Omicron ke Jakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com