Salin Artikel

Satu Kasus Covid-19 Varian Omicron Ditemukan di Pati

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, varian B.1.1.529 tersebut menginfeksi seorang ibu muda berusia 30 tahun asal Kecamatan Juwana.

"Iya benar seorang terkonfirmasi varian Omicron, namun sudah sembuh dinyatakan negatif," kata Haryanto saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Selasa (8/2/2022).

Dijelaskan Haryanto, sebelumnya ibu muda yang tengah mengandung tersebut hendak melakukan persalinan di salah satu rumah sakit di Kabupaten Pati pada pertengahan Januari 2022. 

Setelah dilakukan skrining yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 merujuk dari hasil swab PCR.

Sampel ibu tersebut kemudian dikirimkan ke laboratorium di Semarang untuk pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) dan belakangan hasilnya terkonfirmasi varian Omicron.

"Hasil lab baru keluar akhir Januari. Yang kontak langsung sudah ditracing dan semua negatif termasuk bayinya. Begitu positif diisolasi terpusat. Jadi ibu ini kerja di Semarang dan melahirkan pulang ke Pati," ungkap Haryanto.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati hingga Selasa (8/2/2022) siang ada 126 kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya 81 orang isolasi mandiri dan sisanya menjalani perawatan di rumah sakit.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/08/224344878/satu-kasus-covid-19-varian-omicron-ditemukan-di-pati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke