Walkot Magelang Siap Kembali Jadi Dokter untuk Tangani Pasien Covid-19

Kompas.com - 01/07/2021, 17:41 WIB
Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyatakan siap terjun langsung menangani pasien Covid-19 di rumah sakit darurat Covid-19, Kamis (1/7/2021). KOMPAS.COM/IKA FITRIANAWali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyatakan siap terjun langsung menangani pasien Covid-19 di rumah sakit darurat Covid-19, Kamis (1/7/2021).

MAGELANG, KOMPAS.com - Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyatakan siap terjun langsung menangani pasien Covid-19.

Dokter spesialis penyakit dalam itu bersedia ditempatkan di rumah sakit darurat dan bergabung dengan relawan tenaga kesehatan (nakes) di sana.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang telah menyediakan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor di kompleks pusat olahraga Gelora Sanden Kota Magelang khusus untuk menampung pasien Covid-19. 

"Profesi saya sebagai dokter ini kan melekat. Kalau ada panggilan jadi relawan, saya akan terjun di luar jam kerja, sehingga tidak mengganggu jabatan saya sebagai Wali Kota Magelang," kata Aziz, di kantornya, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Lapangan Tenis Indoor di Kota Magelang Diubah Jadi RS Darurat Covid-19

Aziz mengaku akan melakukan aksi kemanusiaan ini di luar jam kerja sebagai Wali Kota Magelang.

Aksi ini dilatarbelakangi karena nakes, termasuk dokter, di rumah sakit rujukan mulai krisis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Banyak rekan kita para dokter, dan nakes, yang kena Covid-19. Maka sebagai dokter saya ingin mengabdikan diri untuk rumah sakit darurat," ungkap Aziz.

Kerelaannya bergabung sebagai relawan juga dalam rangka memberikan motivasi kepada relawan lainnya.

Baca juga: Tak Lagi Bisa Terima Pasien Baru, IGD Covid-19 RSUD Tidar Magelang Tutup

Apalagi relawan nakes diprediksi akan didominasi kalangan mahasiswa yang masih menempuh pendidikan kesehatan di perguruan tinggi.

"Kita sudah menggagas kerja sama dengan Stikes, Poltekkes, dan Fikes supaya mahasiswa yang mau bergabung jadi relawan untuk mendaftar. Karena orang yang sudah memilih pendidikan kesehatan, sudah pasti akan terketuk hatinya ketika ada panggilan kemanusiaan, seperti sekarang ini," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.