Menparekraf Sandiaga Uno Bertemu Khofifah di Jatim, Ini yang Dibahas

Kompas.com - 21/05/2021, 18:30 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno KOMPAS.COM/GHINAN SALMANMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Jawa Timur untuk bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (21/5/2021).

Dalam kunjungan singkatnya ke Surabaya, Sandiaga ingin menjalin sinergi dan kolaborasi terkait penyiapan kawasan pariwisata yang menjadi prioritas nasional.

"Kunjungan kami ke sini mengawali kunjungan pertama kami ke Provinsi Jawa Timur, untuk mempercepat beberapa realisasi penyiapan kawasan pariwisata yang memang jadi prioritas nasional," kata Sandiaga Uno, usai berdiskusi dengan Khofifah tentang perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Timur, Jumat.

Adapun kolaborasi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah menjadikan kawasan Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK).

Baca juga: Ini Identitas KKB yang Tewas dalam Kontak Senjata dengan TNI-Polri

KEK Singosari ini nantinya juga diharapkan menjadi pusat ekonomi kreatif baru di Jawa Timur.

"Pertama adalah KEK Singosari  yang menjadi KEK berbasis pariwisata dan teknologi yang akan dikhususkan untuk ekonomi kreatif," tutur Sandi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandi berharap, KEK Singosari tak hanya menjadi pusat ekonomi kreatif baru di Jawa Timur. Karena itu, perkembangan ekonomi kreatif di Jatim harus terus digerakkan.

Dengan cara itu, ke depan akan ada banyak lapangan pekerjaan yang tersedia bagi masyarakat sekitar. Sehingga, masyarakat yang belum bekerja bisa mengambil kesempatan tersebut.

"Kami harapkan KEK ini menjadi episentrum ekonomi kreatif bukan hanya di Jawa Timur, tetapi juga Indonesia. Untuk meningkatkan keterampilan, untuk meningkatkan adaptasi teknologi, dan juga pembukaan lapangan kerja yang baru dan berkualitas," kata Sandiaga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.