Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tetapkan Olly-Steven sebagai Paslon Terpilih Pilkada Sulut 2020

Kompas.com - 21/01/2021, 15:01 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara terpilih pada Pilkada 2020.

Penetapan tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka KPU Sulut di Hotel GKIC Manado, Kamis (21/1/2021).

Dalam rapat pleno tersebut, KPU menyatakan pasangan Olly-Steven memperoleh 821.503 suara.

"Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan tahun 2020 adalah pasangan calon nomor urut 3 atas nama pasangan calon Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dengan perolehan suara 821.503," kata Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan, Kamis.

Baca juga: KPU Karawang Tunda Penetapan Paslon Terpilih

Usai dibacakan, berita acara ditandatangani oleh ketua dan anggota KPU Sulut.

Kemudian, KPU menyerahkan berita acara rapat pleno itu ke Wagub terpilih Sulut Steven Kandouw, sedangkan Gubernur terpilih Sulut Olly Dondokambey tidak hadir dalam rapat pleno tersebut.

KPU juga menyerahkan berita acara kepada pasangan nomor urut 1 Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar, dan pasangan nomor urut 2 Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene.

Pasangan nomor 2 diwakili oleh Hendry Runtuwene, sedangkan pasangan nomor 1 diwakili salah satu kader pengurus struktur Partai Golkar.

KPU juga menyerahkan berita acara kepada Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen, Bawaslu Sulut, dan parpol pengusul masing-masing pasangan calon.

Baca juga: Sabtu, KPU Wonogiri Tetapkan Jekek-Setyo sebagai Paslon Terpilih

Usai ditetapkan, Wagub terpilih Sulut Steven Kandouw mengucapkan terima kasih kepada KPU yang sudah bekerja keras selama perhelatan Pilkada 2020.

"Atas nama pasangan Olly-Steven, atas nama partai pengusung PDI-P, berterima kasih kepada KPU Provinsi Sulawesi Utara yang secara profesional, berintegritas sudah menyelesaikan tahapan-tahapan pilkada ini hampir satu tahun. Kita sungguh-sungguh memberikan apresiasi," ujar Steven.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, Bawaslu, TNI-Polri, dan rekan-rekan media bahu membahu menyukseskan penyelengaraan pilkada ini.

"Ini partisipasi pemilih tertinggi dalam sejarah pilkada di Sulut untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Hal ini menunjukkan sikap, perilaku, dan pola berdemokrasi kita yang semakin hari semakin matang dan semakin mantap," kata Steven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com