Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Tenaga Kesehatan di Salatiga Terpapar Covid-19, Diduga karena Kelelahan Bekerja

Kompas.com - 23/12/2020, 17:51 WIB
Dian Ade Permana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 tenaga kesehatan di Kota Salatiga dinyatakan positif terpapar Covid-19. Mereka berasal dari berbagai unit kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraida mengatakan tenaga kesehatan yang paling banyak terpapar Covid-19 bekerja di Puskesmas Sidorejo Kidul.

"Di Puskesmas Sidorejo Kidul yang terpapar ada enam orang," jelasnya saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Polisi Salatiga Bubarkan 50 Siswa SMA yang Berkerumun di Masa Pandemi

Sementara unit lain adalah Puskesmas Cebongan ada empat orang, Puskesmas Kalicacing ada satu orang, dan petugas layanan Public Safety Center (PSC) 119 sebanyak dua orang.

Siti menegaskan, tenaga kesehatan tersebut senantiasa bekerja melayani masyarakat di saat pandemi ini.

"Mereka terus menerus melawan paparan Covid-19 dari banyak kasus. Tiap hari melakukan tes swab, merujuk kasus dan tracing. Digempur terus menerus akhirnya capek, daya tahan tubuh anjlok virusnya menang," ungkapnya.

"Bisa dikatakan mereka bekerja selama 24 jam. PSC itu pusat gawat darurat, layanannya gratis beserta ambulans dan rujukan kasus apa pun, jadi petugas selalu standby," kata Siti.

Dia berharap dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 menjadikan masyarakat semakin patuh pada protokol kesehatan.

Baca juga: Klaster Ponpes Salatiga, 188 Santri Sembuh, Tersisa Seorang Alami Anosmia

"Ringankan tugas tenaga kesehatan dengan disiplin menggunakan masker, tetap cuci tangan, dan jaga jarak hindari kerumunan," jelasnya.

Menyinggung data hari ini, Siti mengungkapkan ada tambahan 43 kasus pasien positif, 67 orang yang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Secara total, jumlah kasus mencapai 1.495, terdiri dari 492 pasien menjalani perawatan, 974 pasien dinyatakan sembuh, dan 29 orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com