Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Kalbar Klaim 3 Paslon yang Diusung Unggul di Quick Count

Kompas.com - 10/12/2020, 15:57 WIB
Hendra Cipta,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kalimantan Barat (Kalbar) mengklaim pasangan calon yang diusung Gerindra di tiga kabupaten saat ini unggul sementara berdasarkan hasil quick count.

Ketiga kabupaten tersebut adalah Sambas, Bengkayang dan Sekadau.

“Berdasarkan data internal kita, dan beberapa hasil hitung cepat dan penghitungan resmi KPU, Gerindra unggul di Sambas, Bengkayang dan Sekadau,” kata Ketua DPD Gerindra Kalbar, Yuliansyah, kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Yuliansyah menjelaskan, Pilkada Kabupaten Sambas, Gerindra mendukung pasangan calon Satono-Fahrur Rofi, Pilkada Kabupaten Bengkayang mendukung Sebastianus Darwis-Syamsul Rizal dan pilkada Kabupaten Sekadau mendukung Aron-Subandrio.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Kalbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menurut dia, dua dari tiga pasangan calon tersebut merupakan kader Gerindra.

Mereka adalah Satono dan Sebastianus Darwis.

“Sementara untuk di Kabupaten Sekadau, Gerindra sebagai menjadi pengusung bersama partai lainnya,” ujar Yuliansyah.

Jika kemudian ditetapkan sebagai pemenang dan dilantik, lanjut Yuliansyah, Gerindra akan memiliki bupati dan ketua DPRD di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang.

“Sambas dan Bengkayang akan mempunya bupati dan ketua DPRD dari Gerindra. Dengan ini tentu aspirasi yang masuk dan yang didambakan masyarakat akan terealisasi, akan kita perjuangankan terus dan saya akan mengawal itu,” ungkap Yuliansyah.

Baca juga: Positif Covid-19, Wakil Ketua DPRD Kalbar Keluhkan Sesak Napas

Meski demikian, Yuliansyah mengajak pendukung dan simpatisan serta seluruh mesin partai untuk tetap tenang sambil menunggu keputusan resmi dari KPU.

“Saya minta kepada seluruh jajaran mesin partai, pengurus, kader, simpatisan dan masyarakat kita kawal suara kita ini sampai dengan rekapitulasi manual KPU selesai, dan kita ditetapkan jadi pemenang,” tutup Yuliansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com