Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Karawang Simulasikan Pilkada dengan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 23/11/2020, 20:31 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang melakukan simulasi pemungutan suara Pilkada 2020 dengan protokol kesehatan.

Simulasi tersebut di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 20, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat pada Sabtu (21/11/2020) mulai pukul 07.00 WIB. Pemilih yang hadir mempraktikkan tata cara pemilihan di masa pandemi dari mulai datang hingga meninggalkan TPS. Pemilih datang memakai masker langsung dicek suhu tubuh.

"Apabila suhunya di atas 37,3 derajat celcius, pemilih tidak bisa memasuki area utama TPS. Tapi disediakan bilik khusus," ujar Ketua KPU Karawang Miftah Farid melalui telepon, Senin (22/11/2020).

Baca juga: Rincian Lengkap UMK 2021 Se-Jawa Barat, Karawang Tertinggi

Simulasi penerapan protokol kesehatan tersebut juga diaiarkan secara langsung pada saluran Youtube KPU Karawang. Harapannya, simulasi daoat memberikan gambaran pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Hal-hal inilah yang menjadi pembeda, pelaksanaan pungut hitung di tengah pandemi dengan situasi normal pada pemilihan sebelumnya," kata Farid.

Selain protokol kesehatan, perhitungan suara bisa dilihat di aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap).

Aplikasi tersebut mengganti metode Situng pada pemilihan sebelumnya. Meski begitu fungsinya sama.

"Fungsinya sama, untuk membantu mempublikasi hasil pemilihan dari setiap TPS, berdasarkan C Plano, sertifikat, berita acara dan lain-lain," ujar Farid.

Baca juga: Paslon Bupati dan Wabup Karawang Cellica-Aep Komitmen Ciptakan Iklim Investasi Sehat bagi IKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com