Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pegawai Bank BUMN Takengon Positif Covid-19, Kantor Ditutup Seminggu

Kompas.com - 18/09/2020, 07:43 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Sedikitnya 5 orang pegawai salah satu bank BUMN di Takengon tekonfirmasi positif Covid-19, setelah dua kali mengikuti pemeriksaan kesehatan internal dengan tes swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tengah, dr Yunasri, mengatakan munculnya 5 pegawai yang positif corona itu berdasarkan hasil tes Covid-19 terhadap 222 orang pegawai bank tersebut beberapa waktu lalu.

"Saat itu hasilnya reaktif rapid test sebanyak 15 orang. Satu orang kemudian mengikuti tes swab dengan hasil positif pada 12 September. Seminggu kemudian rapid test ulang terhadap 14 orang, hasilnya 8 orang reaktif," kata Yunasri, ditemui di salah satu lokasi di Takengon, Aceh Tengah, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: 232.628 Kasus Positif Covid-19 di Indonesia, Didominasi Usia Produktif

Kemudian pengambilan spesimen oleh sebuah laboratorium swasta di Takengon dilakukan terhadap delapan orang yang reaktif tersebut pada tanggal 14 September.

Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen tersebut di laboratorium Unsyiah Banda Aceh, 4 dari delapan pegawai salah satu bank BUMN terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jadi total karyawan BUMN yang terkonfirmasi positif sebanyak 5 orang. Satu dirawat di RSUD Datu Beru. Sementara 4 orang dirawat di save house Banda Aceh," ujar Yunasri

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tengah dalam hal ini Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar telah menyurati pimpinan bank BUMN cabang Takengon itu untuk menutup operasional selama satu minggu, terhitung sejak tanggal 17 September.

Baca juga: Jadi Kasus Pertama di Aceh Tengah, Nakes Meninggal karena Covid-19

Yunasri menyebutkan, total pasien positif di Aceh Tengah hingga 17 September pukul 19.30 WIB berjumlah 42 orang.

"Ada 122 ODP, PDP 9 orang, positif 42 orang. Yang positif rawat ada 10, positif pantau 8 orang, sembuh sudah 21. Meninggal dunia 3 orang," ungkap Yunasri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com