KILAS DAERAH

Pembangunan Jembatan Bailey di Masamba Diharapkan Selesai Sebelum HUT RI

Kompas.com - 08/08/2020, 12:55 WIB
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sedang melakukan peninjauan pembangunan jembatan bailey (7/8/2020)(Dok. Pemkab Luwu Utara) Pemkab Luwu UtaraBupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sedang melakukan peninjauan pembangunan jembatan bailey (7/8/2020)(Dok. Pemkab Luwu Utara)

KOMPAS.com – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani berharap jembatan bailey yang akan kembali menghubungkan lima desa terdampak banjir bandang di Kecamatan Masamba dapat selesai sebelum peringatan Hari Kemerdekaan RI. 

Dengan demikian masyarakat di lima desa tersebut dapat kembali merasakan kemerdekaan akses. 

"Mudah-mudahan kita berdoa ke depannya cuaca mendukung, semesta mendukung, agar pembangunan jembatan bailey berjalan lancar," ujarnya Jumat (7/8/2020) saat meninjau pembangunan jembatan bailey berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. 

Baca juga: Bupati Luwu Utara Targetkan Pengungsi Banjir Bandang Tinggalkan Tenda Pengungsian Sebelum 17 Agustus

Jembatan bailey tersebut nantinya akan menghubungkan Desa Maipi, Desa Sumilin, Desa Masamba, Desa Lantang Tallang, dan Desa Pincara. 

 

Menanggapi harapan dari Bupati Indah Putri Indriani, Project Manager Hutama Karya Rifki Alfrianto yang turut melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan jembatan menyampaikan bahwa pembangunan jembatan tersebut dapat selesai satu hari sebelum HUT RI. 

"Tanggal 16 Agustus 2020 minimal sudah bisa dilalui atau bisa lebih cepat dari itu jika cuaca dan debit air mendukung," kata Rifki.

Rifki juga memaparkan progres pembangunan jembatan bailey. Pada hari kedua pembangunan, saat peninjauan dilakukan, bronjong setinggi 4 meter yang menjadi fondasi dasar jembatan telah terpasang. 

Baca juga: BBPJN Mulai Bongkar Material Pembangunan Jembatan Bailey di Masamba

Jembatan tersebut memiliki panjang 60 meter dan lebar 40 meter. Jembatan yang terbuat dari rangka baja ringan tersebut juga dapat menampung kendaraan seberat 10 ton.

“Mohon doanya mudah-mudahan cuaca mendukung, agar tim bisa lebih cepat menyelesaikan pemasangan jembatan bailey. Kepala balai juga selalu menghubungi kami terkait progres pengerjaan untuk diteruskan kepada pak menteri," ujar Rifki.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X