Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Penghubung Tiga Kabupaten di Maluku Ambruk

Kompas.com - 20/06/2020, 09:52 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Jembatan Waikaka yang menghubungkan tiga kabupaten di Pulau Seram, Maluku, ambruk pada Sabtu (20/6/2020) dini hari.

Jembatan yang berada di Desa Tala, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat ini ambruk setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak Jumat malam.

“Jembatan sudah putus tadi malam sekitar jam 00.00, pas tadi malam itu ada hujan kuat sekali,” kata Wiliam Maspaitela, salah satu tokoh masyarakat Desa Tala kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Baca juga: Kapal Tenggelam di Laut Selat Sunda, 10 Orang Hilang

Dia mengatakan, sebelum benar-benar ambruk, jembatan tersebut sempat nyaris putus dan mengalami jebol pada bagian bentangan tengah jembatan.

Hal itu terjadi pada pekan lalu, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut. 

“Ini dari Minggu kemarin itu kan sebenarnya sudah mau putus, dan saat itu warga memperbaiki dengan memasang batang kelapa dan menempel yang berlubang,” kata Wiliam.

Baca juga: Cuma karena Curhat di Media, Kepala Puskesmas Ini Dicopot

Saat ini, salah satu perusahan yang sedang mengerjakan proyek jembatan di kecamatan itu tengah mengerahkan alat berat untuk membersihkan puing jembatan yang ambruk.

Sejumlah warga menyaksikan jembatan Waikaka yang ambruk di Desa Tala, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku, Jumat (20/6/2020)KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Sejumlah warga menyaksikan jembatan Waikaka yang ambruk di Desa Tala, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku, Jumat (20/6/2020)
Camat Amalatu Rafly Alydurs mengatakan, akibat terputusnya jembatan tersebut, akses transportasi di wilayah tersebut lumpuh total.

“Saat ini akses transportasi sudah lumpuh total, mobil dan kendaraan lain tidak bisa lewat lagi,” ujar Rafly.

Baca juga: Anggota Brimob Jatuh dari Motor, Dadanya Ditusuk Orang yang Menolong

Terkait ambruknya jembatan tersebut, ia mengaku telah melaporkannya ke Bupati Seram Bagian Barat Yasin Payapo untuk segera ditindaklanjuti.

Sementara Kapolres Seram Bagian Barat AKPB Bayu Butar Butar telah menghubungi dinas terkait untuk segera memperbaiki jembatan.

“Kami telah menghubungi kepala Dinas Pekerjaan Umum untuk meninjau ke lokasi dan membahas langkah-langkah yang akan diambil,” ujar Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com