Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan Taman Nasional Komodo Diperpanjang

Kompas.com - 28/05/2020, 15:36 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Otoritas Balai Taman Nasional Komodo memperpanjang penutupan sementara kawasan obyek wisata yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang Nistyantara mengatakan, penutupan itu diperpanjang dengan pertimbangan soal pandemi virus corona atau Covid-19.

"Surat perpanjangan penutupan sudah kita keluarkan terhitung hari ini, dengan nomor: PG.466/T.17/TU/REN/05/2020," ujar Lukita saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Hingga 1 Juni, Bandara Komodo Tak Layani Penerbangan Penumpang

Lukita menyebut, penutupan sebelumnya dijadwalkan berakhir pada Jumat besok.

Menurut Lukita, penutupan dan pembukaan kawasan Taman Nasional Komodo menanti hasil evaluasi dan kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian terkait serta pemerintah daerah.

Hingga saat ini belum ada kebijakan resmi yang dikeluarkan oleh instansi berwenang terkait pembukaan kembali kawasan wisata alam, termasuk Taman Nasional Komodo.

Penutupan itu tidak hanya berguna bagi wisatawan, tetapi juga dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan bagi petugas dan masyarakat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Baca juga: NTT Kembali Buka Pariwisata dengan Protokol Kesehatan

Selain obyek wisata, kegiatan penelitian, pendidikan, ekspedisi dan lainnya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang melibatkan banyak orang juga dilakukan pembatasan.

Termasuk juga dengan kapal-kapal pesiar dengan kapasitas penumpang yang banyak, untuk sementara tidak diperbolehkan memasuki kawasan Taman Nasional Komodo.

"Penutupan ini dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan, sembari menunggu arahan pimpinan lebih lanjut," ujar Lukita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com