Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pertama PDP Asal Karo Meninggal Dunia di Medan

Kompas.com - 19/04/2020, 21:59 WIB
Dewantoro,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kabar duka di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 kembali datang dari Kota Medan. Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Karo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Martha Friska, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (19/4/2020).

PDP berinisial M tersebut dirujuk dari RS Evarina Etaham, Berastagi dan memiliki sakit jantung. M merupakan PDP pertama yang meninggal dari Kabupaten Karo.

"Iya (meninggal dunia) kemarin. Pasien rujukan baru itu," kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumutt, Aris Yudhariansyah, via telepon, Minggu (19/4/2020).

Diungkapkan Aris, pihaknya masih menunggu hasil labotorium swab pasien tersebut. Aris mengimbau Dinas Kesehatan (Dinkes) Karo untuk melakukan tracing terhadap siapa saja pernah kontak dengan pasien.

"Karena (pasien) meninggal dari rujukan rumah sakitnya (Dinkes Karo)" ungkapnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut lainnya, Whijo Irwan menerangkan, saat ini angka kasus positif Covid-19 terus mengalami peningkatan.

Baca juga: YouTuber Medan Menangis Minta Maaf atas Video Aisyah Istri Rasulullah

Kasus positif bertambah

"Saat ini sebanyak 104 kasus positif Covid-19, bertambah satu orang dari hari sebelumnya, 103," ujarnya saat konferensi pers via streaming YouTube milik Humas Sumut pada Minggu (19/4/2020) sore.

Pasien Sembuh 13 Orang Meskipun ada kabar duka, namun hari ini tercatat ada 1 pasien positif Covid-19 yang sembuh. Dengan demikian, hingga hari ini di Sumut jumlah pasien yang sembuh sebanyak 13 orang dari sehari sebelumnya sebanyak 12 orang.

Kemudian, pada hari ini, 81 orang dinyatakan positif Covid-19 melalui metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Sedangkan hasil reaktif dengan  rapid test sebangak 23 orang. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menurun dari hari sebelumnya, 146. Saat ini 139 orang. "PDP ini bersifat dinamis, bisa meningkat  dan menurun," terangnya.

Selanjutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut saat ini sebanyak 2.509 orang, meningkat dari hari sebelumnya, 2.259 orang. Pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 10 orang.

"Saat ini angka PDP di Sumut tertinggi di Kota Medan, Simalungun dan Deli Serdang. Kota Medan sebanyak 70 orang, Simalungun 18 orang, dan Deli Serdang 17 orang," katanya. 

Baca juga: Dua Wanita Selundupkan 2.217 Gram Sabu dalam Kemasan Bedak di Kabin Pesawat dari Medan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com