1 Pegawai Puskesmas Turi di Lamongan Positif Covid-19, Pelayanan Ditutup

Kompas.com - 06/04/2020, 14:36 WIB
Puskesmas Turi ditutup sementara waktu, setelah satu pegawai diketahui positif Covid-19. KOMPAS.com / HAMZAH ARFAHPuskesmas Turi ditutup sementara waktu, setelah satu pegawai diketahui positif Covid-19.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Seorang pegawai Puskesmas Turi yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dikonfirmasi positif terpapar virus corona (Covid-19).

Ini diketahui setelah hasil swab dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19, pelayanan yang ada di Puskesmas Turi diputuskan untuk ditutup sementara waktu.

Sementara, pegawai lain puskesmas sudah menjalani rapid test dan tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

Baca juga: Bupati Lamongan Wajibkan Pemudik Jalani Karantina hingga Usulkan PSBB

"Untuk sementara pasien rawat jalan, kami alihkan ke puskesmas terdekat. Kalau nanti kondisinya sudah steril, akan kami buka lagi, mudah-mudahan tidak lama," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Taufik Hidayat, saat dikonfirmasi, Senin (6/4/2020).

Pasien rawat jalan yang sebelumnya biasa mendapat pelayanan medis di Puskesmas Turi, sementara waktu akan dialihkan ke Puskesmas Deket atau Puskesmas Sukodadi.

Mulai hari ini dan beberapa hari ke depan, ruangan-ruangan yang ada di Puskesmas Turi bakal disemprot cairan desinfektan guna mematikan dan memutus penyebaran Covid-19.

"Kan tidak semua pegawai yang terpapar, misalnya petugas kami yang ada di puskesmas pembantu. Pegawai lain sudah kami lakukan rapid test dan hasilnya negatif," ucap dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X