Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Persiapan Kelenteng Tien Kok Sie Solo Sambut Imlek

Kompas.com - 06/01/2020, 18:38 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kelenteng Tien Kok Sie tempat ibadah untuk Tri Dharma (Taoisme, Konghucu, dan Buddha) di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah mulai bersolek menyambut Tahun Baru Imlek 2571/2020.

Puluhan petugas tampak membersihkan setiap sudut ruangan kelenteng yang dibangun sekitar 1748. Mulai dari atap, lantai hingga bagian lain bangunan kelenteng.

Tiang bangunan kelenteng dan ornamen mereka bersihkan menggunakan kain halus yang telah dibasahi air. Tempat pemujaan atau altar juga tidak luput dibersihkan.

Bahkan, rupang atau patung dewa yang ada di kelenteng mereka bersihkan menggunakan air yang telah mereka campur dengan bunga agar bersih dan wangi.

Baca juga: Jelang Imlek, 5.000 Lampion Hiasi Kawasan Pecinan Solo

Ketua Dewan Pengawas Kelenteng Tien Kok Sie Pasar Gede Solo Agus Hartono mengatakan, bersih-bersih kelenteng menjelang Tahun Baru Imlek sudah menjadi tradisi secara turun temurun.

Bersih-bersih kelenteng ini bertujuan agar ketika menyambut Tahun Baru Imlek semua dalam kondisi bersih.

Sebelum bersih-bersih dimulai, katanya harus diawali dengan doa bersama.

"Ada sekitar 20 petugas yang ikut bersih-bersih kelenteng. Mereka terbagi di beberapa bagian," kata Agus di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/1/2020).

Dia mengatakan, membersihkan isi ruangan kelenteng tidak bisa dilakukan secara mendadak. Harus dikerjakan jauh hari sebelum perayaan Imlek dilaksanakan.

Baca juga: Jelang Imlek, Manchester United Rilis Jersey Berdesain Naga

Pasalnya, menjelang perayaan Imlek banyak kegiatan yang diselenggarakan di kelenteng. Sehingga banyak petugas sibuk mempersiapkan acara tersebut.

Adapun rangkaian acara menjelang Imlek yang diselenggarakan Kelenteng Tien Kok Sie adalah ritual tolak bala atau Pao Oen.

Ritual ini dimaksudkan untuk meminta keselamatan dan membuang sial untuk menyambut tahun baru.

Biasanya dalam ritual ini ditandai dengan kegiatan berupa pelepasan burung pipit (emprit), ikan lele dan membakar kertas.

Kemudian pada puncaknya, yaitu malam Tahun Baru Imlek pada 24 Januari 2020 Kelenteng Tien Kok Sie akan melaksanakan ritual berupa mandi dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com