Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Korban Begal yang Rekam Pelaku Ditemukan, Polisi Cari 5 Pria

Kompas.com - 30/12/2019, 20:33 WIB
Firmansyah,
Khairina

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Rejang Lebong dan Polsek Curup, Bengkulu, berhasil menemukan motor milik korban pembegalan yang aksi pelakunya sempat direkam korban.

Motor ditemukan di Desa Kampung Jeruk, Kecamatan Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Senin (30/12/2019).

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika melalui Kapolsek Curup Iptu Untoro membenarkan temuan motor korban begal tersebut.

"Motor korban sudah ditemukan, sudah dicek nomor rangka dan mesin dan cocok dengan kendaraan korban," kata Kapolsek.

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Begal Rampas Motor Perempuan di Bengkulu

Sementara itu, pelaku sendiri saat ini masih dalam pengejaran. Polisi telah mengantongi identitas pelaku pembegalan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, aksi begal motor dilakukan sejumlah pria di kawasan Lokasi Diklat, Danau Mas Harun Bestari (DMHB), Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, terhadap dua korbannya.

Aksi itu direkam oleh salah seorang korban dan beredar luas di media sosial.

Kusumawati salah seorang korban yang merekam video aksi begal saat dihubungi Kompas.com mengisahkan kronologis pembegalan.

Menurut dia, peristiwa itu terjadi di Desa Mojo Rejo, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Saat itu, Kusumawati dibonceng oleh rekannya Adetya Febika hendak berjalan-jalan sambil menikmati wisata setempat.

Sampai di lokasi kejadian, Kusumawati curiga ada 5 orang datang menggunakan 3 sepeda motor. Ketiga motor tersebut tidak menggunakan nomor polisi.

"Mereka berhenti sekitar 200 meter dari lokasi kami dan saya melihat ada gelagat tidak baik dan saya mendengar mereka berbicara dengan bahasa yang saya tidak paham saya pikir bahasa Lembak atau bahasa Rejang,” kata Kusumawati saat dihubungi via telepon, Senin (30/12/2019).

Kusumawati mengajak rekannya meninggalkan lokasi namun dipepet oleh pelaku menggunakan motor. Pelaku menarik kunci motor korban.

"Terjadi aksi tarik menarik degan pembegal, namun saya sadar kalau saya ikut mempertahankan kunci motor sia-sia karena pelaku lebih kuat. Secara spontan saya rekam video pelaku dengan ponsel," jelas Kusumawati.

Baca juga: Aksi Pengeroyokan Begal dengan Sajam Terekam CCTV, 2 Pelaku Diringkus

Kusumawati mengaku dirinya nekat dan pasrah saat merekam aksi pembegal.

Ia berpikiran ia harus mendokumentasikan aksi pelaku.

"Saya nekat saja sambil merekam terserah ia mau melakukan aksi pada saya namun mereka tidak menghiraukan aksi saya, mereka fokus mengambil motor," ujarnya.

Motor berhasil dilarikan kelima pelaku namun korban mengaku mengenali ciri-ciri pelaku termasuk logat bahasa yang digunakan pelaku.

Hal tersebut telah ia jelaskan pada polisi. Ia berharap polisi segera meringkus pelaku begal dan memberikan hukuman seberat-beratnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com