2020, Pemkot Surabaya Bangun Sekolah di Eks Lokalisasi Dolly

Kompas.com - 12/12/2019, 21:54 WIB
Kawasan Dolly di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya, saat ini sudah berubah wajah setelah dulunya dikenal sebagai kawasan prostitusi atau tempat hiburan malam. KOMPAS.COM/GHINAN SALMANKawasan Dolly di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya, saat ini sudah berubah wajah setelah dulunya dikenal sebagai kawasan prostitusi atau tempat hiburan malam.

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya memastikan akan membangun kompleks sekolah di kawasan eks lokalisasi Dolly tahun 2020.

"Ini masih proses untuk perencanaan. Tahun 2020 akan dikerjakan. Lokasinya fix di situ ( Gang Dolly), ada di salah satu wisma," kata Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Iman Krestian, saat ditemui di kantornya, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Di Turki, Risma Paparkan Penutupan Dolly hingga Solusi bagi Korban Human Trafficking

Saat ini, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Surabaya untuk rencana membangun kompleks sekolah di bekas tempat hiburan yang menjadi primadona bagi pria dewasa itu.

"Pembangunan sekolah ini rencananya untuk SD dan SMP," ujar dia.

Tahun 2020, kata Iman, terdapat pagu anggaran senilai Rp 87 miliar lebih yang digunakan untuk merehabilitasi bangunan sekolah hingga pembangunan ruang kelas baru (RKB) di sejumlah SD dan SMP.

Saat dilelang nanti, biasanya akan ada penurunan harga di beberapa lokasi sekolah yang akan direhabilitasi gedungnya.

"Nah, sisa uang dari beberapa lokasi sekolah yang direhabilitasi akan digunakan untuk (membangun) satu sekolah baru (di Dolly). Kita anggarannya seperti itu. Ada penyesuaian sekolah," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, Pemkot Surabaya sudah banyak melakukan pembebasan lahan di eks lokalisasi Dolly.

Selain menjadi kampung wisata dan kampung laundry, kawasan Dolly memang direncanakan untuk dijadikan sekolah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X