Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selasa, Bandara Internasional Syamsuddin Noor Mulai Beroperasi Perdana

Kompas.com - 09/12/2019, 05:37 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANJARBARU, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) siap dioperasikan pada 10 Desember 2019.

Hal tersebut disampaikan Faik usai menggelar acara doa bersama 2.000 anak yatim di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Minggu (8/12/2019).

"Hari Selasa itu pengoperasian pertama, jadi ini sifatnya masih soft launching, karena secara resmi nanti kemungkinan akan dilakukan Pak Presiden," ujar Faik.

Baca juga: Sumur Bor di Kalsel Keluarkan Gas, Polisi Berjaga di Lokasi

Menurut Faik, sehari sebelum dilakukan pengoperasian perdana, terlebih dahulu akan dilakukan operasi boyong dari terminal lama ke terminal baru.

Itu dilakukan untuk memastikan kembali kesiapan operasional bandara secara keseluruhan.

Faik mengaskan secara fisik, Bandara Syamsuddin Noor sudah bisa dan siap dioperasikan.

"Kesiapan secara fisik bandara ini sudah siap, makanya besok sudah bisa dilakukan operasi boyong dari terminal lama ke terminal baru," ujar Faik.

Bandara Syamsuddin Noor, lanjut Faik, kini memiliki kapasitas jumlah penumpang di terminal baru mencapai 7 juta penumpang pertahun atau 5 kali lebih banyak dari kapasitas sebelumnya.

Ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada warga Kalsel.

Walaupun statusnya sudah naik menjadi level Internasional, namun Bandara Syamsuddin Noor baru melayani penerbangan rute internasional ke Timur Tengah.

Faik mengatakan, tingginya permintaan warga Kalsel dengan rute Timur Tengah untuk menjalani ibadah umroh menjadi alasannya.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan, Bandara Syamsuddin Noor akan membuka rute internasional lain seperti rute wisata ke Singapura dan Malaysia.

Baca juga: Terlibat Tabrakan Beruntun, Mobil Patroli yang Dikendarai Kasatlantas di Kalsel Ringsek

"Kalau yang banyak permintaan kan Timur Tengah, itu untuk umroh, tapi tidak menutup kemungkinan akan kami buka rute wisata ke Singapura atau Malaysia," tambah dia.

Bandara Syamsuddin Noor direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang.

Acara peresmian akan dirangkaikan dengan puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di mana Kalsel menjadi tuan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com