Dengar Kabar Ibu Melahirkan di Feri dan Bayinya Meninggal, Bupati PPU Emosi di Depan Direksi RSUD

Kompas.com - 02/12/2019, 20:38 WIB
Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Abdul Gafur Masud. KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONBupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Abdul Gafur Masud.

SAMARINDA, KOMPAS.com - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim) Abdul Gafur Masud emosi mendengar kabar ada ibu yang melahirkan di feri dan bayinya mati, saat dirujuk ke RSUD di Balikpapan, Kaltim. 

Abdul Gafur emosi hingga memukul sofa yang ia duduki saat berhadapan dengan jajaran direksi RSUD Ratu Aji Putri Botung, yang merujuk ibu yang akan melahirkan tersebut ke RSUD di Balikpapan. 

"Dana yang kita keluarkan puluhan miliar harus di audit,” ujar Abdul Gafur dengan suara meninggi sambil memukul sofa ia yang duduki, Rabu (27/11/2019). 

"Pengawas juga bersiap. Kalian enggak bisa seenak begini,” sambung dia dihadapan jajaran Direksi RSUD Ratu Aji Putri Botung, PPU.


Aksi Abdul Gafur mengevaluasi layanan RSUD di PPU itu terekam video hingga menyebar luas di jagat maya.

Dia tampak marah-marah pasca-peristiwa seorang ibu hamil berinisial R (27) yang dirujuk ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan hingga lahir dalam feri dan bayinya meninggal pada Selasa (26/11/219). 

Baca juga: Melahirkan di Dalam Feri Saat Dirujuk ke RS, Perempuan Ini Berduka, Bayinya Tiada

Dana operasional puluhan miliar, layanan nihil

Di hadapan para pimpinan RSUD Ratu Aji Putri Botung, Abdul Gafur menyebut mestinya layanan RSUD dioptimalkan.

Karena setiap tahunnya puluhan miliar dana digelontorkan untuk operasional RSUD tersebut. Bahkan julahnya juga terus meningkat. 

Tahun 2018 Pemda PPU menyuntik dana untuk RSUD Rp 81 miliar. Naik jadi Rp 84 miliar pada tahun 2019.

Tapi layanan kepada masyarakat tak pernah optimal. Karena itu Abdul Gafur meminta agar dana-dana tersebut diaudit oleh Inspektorat Daerah PPU.

“Kalau hanya memikirkan proyek-proyek maka sampai kapan pun pelayanan kita enggak pernah optimal," katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X