Dua Bom Teroris Diledakkan di Kebun Tebu, Warga Tepuk Tangan

Kompas.com - 18/11/2019, 17:49 WIB
Dua bom diledakkan di lahan kosong kebun tebu di Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Senin sore (18/11/2019). KOMPAS.COM/DEWANTORODua bom diledakkan di lahan kosong kebun tebu di Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Senin sore (18/11/2019).

MEDAN, KOMPAS.com - Bom milik jaringan terorisme di Medan dimusnahkan di lahan kosong di kebun tebu, Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Senin sore (18/11/2019).

Pemusnahan itu disaksikan langsung Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan jajarannya.

Bom teroris dimusnahkan dalam dua kali ledakan. Ledakan pertama dilakukan pada pukul 16.01 WIB. Ledakan kedua dilakukan 11 menit kemudian. Setiap kali ledakan, terdengar bunyi tepuk tangan dari warga yang menonton dari kejauhan.

Baca juga: Setelah Bom Bunuh Diri di Medan, Polisi Tangkap 46 Terduga Teroris


Usai peledakan, dilanjutkan dengan pemusnahan bahan-bahan bom berupa bubuk berwarna putih dan merah dalam kemasan dan bungkus plastik. Bahan-bahan ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Sebutannya tetap disposal," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, ada dua barang bukti yang dimusnahkan, yakni bom sudah terangkai dan satu lagi masih berupa bahan-bahan untuk membuat rangkaian bom.

"Pertama bentuk kaleng dan di dalam pipa paralon yang sudah dirangkai diisolasi ban," katanya.

Dua bom tersebut merupakan hasil penggeladah polisi dan Densus 88 Antiteror di rumah Yanto, yang diduga sebagai salah satu rekan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, RMN.

Dua bom yang ditemukan itu ada dua jenis, yakni bom pipa dan satu lainnya dirakit dengan kaleng cat.

Barang bukti tersebut, menurutnya, sudah sempat dibuang oleh jaringan pelaku ke sungai dan kemarin berhasil ditemukan tim yang melakukan penelusuran di Sicanang.

Menurut Agus, rangkaian bahan peledak walaupun memiliki daya ledak rendah(low explosive), namun jika jumlahnya banyak, dampak yang ditimbulkan juga akan besar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X