Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ingin Jadi Public Speaker Andal? Begini Tips Atalia Ridwan Kamil

Kompas.com - 16/11/2019, 13:55 WIB
Alek Kurniawan,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Komunikasi adalah kunci penting dalam public speaking supaya pesan yang disampaikan dapat mudah dipahami audiens.

Begitu ucap Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil saat membagikan tips berbicara di depan umum atau public speaking pada acara Public Speaking Training for Muslimah di Hotel Nampati Indah, Kota Bandung, Jumat (15/11/19).

"Kita harus mengenali siapa audiens, karena kita tidak bisa mengucapkan dua hal yang sama pada posisi yang berbeda," kata Atalia dalam pernyataan tertulis, Sabtu (16/11/2019). 

Pada kesempatan yang sama, Atalia pun berbagi pengalaman menarik saat melakoni dunia public speaking.

Baca juga: Atalia Ridwan Kamil Akui Angka Stunting di Jawa Barat Cukup Tinggi

"Saya belajar public speaking 30 tahun lalu, dimulai dengan menjadi pembawa acara. Saya biasa jadi pembawa acara wisuda. Saya juga ikut kursus,” ucapnya. 

Atalia mengaku sebelumnya ia merupakan sosok pendiam dan jarang berbicara di depan publik.

Setelah mendalami ilmu public speaking, kepercayaan dirinya untuk berbicara di depan publik meningkat.

Dia juga menyarankan kepada audiens untuk terus membaca buku. Selain menambah kepercayaan diri, imbuh dia, membaca buku dapat memperluas pengetahuan.

Baca juga: Atalia Kamil Bakal Luncurkan Dua Buku Anak di Festival Literasi 2019

“Aristoteles mengatakan, kita adalah apa yang biasa kita lakukan. Keunggulan bukanlah aksi satu kali tapi kebiasaan, itu kata Aristoteles, bukan saya. Kalau dulu saya demam panggung, sekarang kalau tidak ada panggung saya demam,” katanya.

Atalia berharap, setelah pelatihan public speaking seperti ini, kemampuan public speaking peserta akan meningkat dan dapat diterapkan di komunitasnya masing-masing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com