Cerita di Balik Kemenangan Claudia Santoso, 12 Tahun Les Musik hingga Gagal di Idola Cilik dan Mamamia

Kompas.com - 12/11/2019, 05:19 WIB
Mahasiswi asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak Battle The Voice of Germany. YouTube/The Voice of GermanyMahasiswi asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak Battle The Voice of Germany.

KOMPAS.com - Sosok Claudia Emmanuela Santoso, gadis asal Cirebon, menjadi buah bibir seusai dirinya memenangi ajang internasional The Voice of Germany.

Cerita dan pujian tentang sosok gadis muda berusia 18 tahun itu pun segera mewarnai media massa.

Sang ibu, Christin, mengaku sudah melihat bakat terpendam dalam diri Claudia sejak kecil.


Waktu itu, Claudia sering menolak untuk tidur jika belum bernyanyi atau mendengarkan musik.

Berikut ini sejumlah fakta menarik tentang sosok Claudia Santoso:

1. Kebiasaan menyanyi sebelum tidur

Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak semifinal The Voice of Germany.YouTube/The Voice of Germany Claudia Emmanuela Santoso tampil di babak semifinal The Voice of Germany.

Claudia atau akrab disapa Audi merupakan anak pertama dari pasangan suami istri Indra Gunawan Santoso (47) dan Christin Gunawan (47).

Christin menceritakan, Audi tertarik dengan dunia tarik suara sejak kecil. Bahkan, Audi tidak akan tidur sebelum bernyanyi dan mendengarkan musik.

Setelah mengetahui Audi begitu suka bernyanyi, Christin menyekolahkan Audi di sekolah musik sejak usia empat tahun.

“Saya masukkan Audi ke les atau sekolah musik mulai sejak usia empat tahun di dalam dan juga luar Cirebon. Kita tuh berjuangnya lumayan keras. Hingga kelas 2 SMA atau selama sekitar 11 atau 12 tahun kursus musik,” kata Christin saat berbincang dengan Kompas.com di salah satu pusat perbelanjaan Kota Cirebon, Jumat (13/9/2019) petang.

Baca juga: Suara Claudia, Gadis Asal Cirebon Pemenang The Voice of Germany, Buat Kagum hingga Juri Naik Panggung

2. Pernah gagal di Idola Cilik dan Mamamia

Christin Gunawan (47) menunjukan foto putri pertamanya, Claudia Emmanuela Santoso (18) di dalam alat komunikasinya kepada Kompas.com di salah satu pusat perbelanjaan Kota Cirebon, Jumat (13/9/2019) petang. Dia menyampaikan kisah dan proses perjalanan Audi belajar menyanyi sejak kecil.KOMPAS.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Christin Gunawan (47) menunjukan foto putri pertamanya, Claudia Emmanuela Santoso (18) di dalam alat komunikasinya kepada Kompas.com di salah satu pusat perbelanjaan Kota Cirebon, Jumat (13/9/2019) petang. Dia menyampaikan kisah dan proses perjalanan Audi belajar menyanyi sejak kecil.

Saat menceritakan pengalamannya, Claudia mengaku pernah menjadi peserta hingga finalis sejumlah ajang pencarian bakat besar di Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X