Saat Para Pemuda Peringati Hari Pahlawan di Bengawan Solo

Kompas.com - 10/11/2019, 15:01 WIB
Pemuda karang taruna Kecamatan Sidayu, saat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di aliran Bengawan Solo. KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHPemuda karang taruna Kecamatan Sidayu, saat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di aliran Bengawan Solo.

GRESIK, KOMPAS.com - Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, rupanya menginspirasi para anggota karang taruna di Kecamatan Sidayu, Gresik, Jawa Timur.

Mereka pun tak ingin ketinggalan memberikan penghormatan atas jasa dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan.

Namun, para pemuda memiliki cara yang sedikit berbeda dan unik dalam memperingati hari pahlawan.

Mereka memperingati dengan menggelar upacara di aliran Sungai Bengawan Solo.

Baca juga: Hari Pahlawan, Ini Kisah Empat Perempuan Belanda Pembela Indonesia

Dalam upcara ini, pembina dan pemimpin upacara menempati perahu yang ada di dermaga penyeberangan Ujungsari, Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Gresik, Jawa Timur.

"Selain untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, juga untuk mengenang sejarah mengenai peranan penting Bengawan Solo. Upacara seperti ini baru pertama kalinya kami lakukan," ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Sidayu, Ikhsanur Kholiq, Sabtu (9/11/2019).

Mereka berkeyakinan, Bengawan Solo memegang peranan sejarah yang tidak kalah penting dan strategis pada masa perang kemerdekaan maupun masa-masa sebelumnya.

Begitu juga dalam perkembangan Kecamatan Sidayu maupun Gresik dan Indonesia pada umumnya.

Wakil Ketua DPRD Gresik Asluchul Alif yang didapuk menjadi pembina upacara mengakui bahwa Bengawan Solo merupakan salah satu saksi sejarah dalam perjuangan para pahlawan.

Menurut Alif, Bengawan Solo perlu dilestarikan dan juga diberdayakan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Ide awalnya, karena kami ingin memberikan penghormatan kepada para pahlawan, khususnya yang gugur di Bengawan Solo," ucap Alif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X