Bupati Indramayu Ditangkap KPK, Ridwan Kamil: Korupsi Itu Musuh Investasi

Kompas.com - 16/10/2019, 18:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kamis (3/10/2019). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kamis (3/10/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyayangkan kasus yang menjerat Bupati Indramayu, Supendi.

Supendi telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) terkait kasus suap.

Ia kecewa sebab Pemprov Jabar tengah menyiapkan rencana besar bagi Kabupaten Indramayu.

Sebagai penyangga Segitiga Rebana, Indramayu memiliki fungsi vital dalam investasi dan pengembangan kawasan.

Baca juga: Sebelum Ditangkap KPK, Bupati Indramayu Sudah Diingatkan Ridwan Kamil

Berita penangkapan Supendi, kata Emil, bisa menghambat investasi. Apalagi, dalam hitungan hari, Pemprov Jabar akan menggelar West Java Invesment Summit 2019 di mana Indramayu jadi salah satu daerah unggulan yang akan ditawarkan kepada para investor.

"Korupsi itu musuh investasi," kata Emil, sapaan akrabnya, Rabu (16/10/2019).

Dalam hal pemberantasan korupsi, Emil mengatakan, Pemprov Jabar sudah melakukan berbagai upaya agar prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik juga dapat tercipta di level kabupaten/kota.

"Berbagai pakta integritas sudah kami bikin, inovasi berbasis teknologi seperti e-Kinerja juga akan kami ketoktularkan dari provinsi ke kabupaten/kota. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang seperti ini (kepala daerah kena OTT)," harap Emil.   

Namun, Emil menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah. Dia menyarankan agar Bupati Indramayu kooperatif dengan penyidik KPK.

"Kami lihat proses hukumnya seperti apa. Pesan saya agar yang bersangkutan koorperatif. Saya sendiri menunggu instruksi dari Kemendagri terkait status jabatannya masa mendatang. Sementara waktu, wakil bupati mengambil alih roda pemerintahan," tambah dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X