Guru Silat Cabuli 5 Murid Saat Olimpiade Siswa Nasional dan Latihan

Kompas.com - 16/10/2019, 14:39 WIB
SU (45) seorang guru silat di Tulang Bawang Barat ditahan di Mapolres Tulang Bawang. SU ditangkap dengan tuduhan mencabuli lima orang muridnya. (Foto: Humas Polres Tulang Bawang) KOMPAS.com/TRI PURNA JAYASU (45) seorang guru silat di Tulang Bawang Barat ditahan di Mapolres Tulang Bawang. SU ditangkap dengan tuduhan mencabuli lima orang muridnya. (Foto: Humas Polres Tulang Bawang)

LAMPUNG, KOMPAS.com – Pencabulan yang dilakukan guru silat di Tulang Bawang Barat berinisial SU (45) dilakukan saat mendampingi muridnya mengikuti pertandingan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi.

Dari keterangan sementara pelaku, pencabulan saat mengikuti pertandingan OSN tingkat provinsi itu dialami oleh korban berinisial SI (20) dan NL (13), pelajar di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat.

Tiga korban lain, yakni TI (16), WS (17), warga Tulang Bawang Barat, dan LS (17) dicabuli saat mengikuti pelatihan di salah satu gedung bekas pondok pesantren dan gedung SMK di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan, modus pelaku ialah memijat tubuh para korban menggunakan lotion.

“Alasannya peregangan otot, korban dipijat seluruh tubuhnya,” kata Syaiful saat dihubungi, Rabu (16/10/2019).

Baca juga: Guru Silat Cabuli 5 Murid sejak 2016, Modusnya Pijat Peregangan Otot

Pencabulan yang dialami oleh SI terjadi pertama kali pada awal 2016 di rumah korban.

Lalu, pada April 2016, saat korban mengikuti pertandingan silat di O2SN tingkat provinsi di Bandar Lampung, korban dicabuli di kamar hotel tempatnya menginap.

Pelaku yang merupakan warga Kabupaten Tulang Bawang Barat ini kembali mengulangi aksinya saat mendampingi korban berinisial NL (13) mengikuti O2SN cabang pencak silat pada Juli 2019.

“Korban NL dicabuli di tempatnya menginap, dengan modus yang sama dengan korban-korban lain. Sebelumnya, NL juga sudah pernah dicabuli seusai latihan di daerah asalnya,” kata Syaiful.

Diberitakan sebelumnya, seorang guru pencak silat hampir dihajar massa karena dituduh telah mencabuli lima muridnya.

Baca juga: Viral, Seorang Pengendara Keluarkan Jurus Silat Saat Kena Razia Polisi

Pelaku saat ini ditahan di Mapolres Tulang Bawang dan dikenai Pasal 82 ayat (1), (2) dan (4) Jo Pasal 76E UU Nomor 17 tahun 2016 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X