Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jago Silat, Gadis Ini Tendang Pelaku Jambret hingga Tersungkur

Kompas.com - 23/08/2019, 11:56 WIB
Ari Himawan Sarono,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Reza Audiyanti (19), warga Dukuh Bulak Tunggak, Desa Purwodadi, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, berhasil melumpuhkan pelaku jambret yang menggasak ponselnya.

Reza mengejar pelaku dengan sepeda motornya usai dijambret. Saat motornya berjajar, Reza menendang pelaku hingga jatuh tersungkur.

"Awalnya mau ke rumah saudara yang di Dukuh Gentongwungu, Kelurahan Sragi pas mau berbelok, tiba-tiba pelaku mengambil handphone dengan cara merebut secara paksa," kata Reza, Jumat (23/8/2019).

Mengetahui telepon seluler miliknya berpindah tangan, Reza langsung mengejar pelaku yang belakangan diketahui bernama Afriyanto (20) dengan sepeda motornya.

Baca juga: Kejar Pelaku Jambret, Ibu Rumah Tangga Tewas Terjatuh dari Motor

 

Reza berteriak jambret sambil mengejar pelaku, namun warga tidak mendengar. Reza terus mengejar pelaku.

"Sempat saya tertinggal 500 meter kemudian terus saya kejar sampai kecepatan hampir 100 (Km/jam) Mas. Waktu berjejeran saya nendang bodi motor bagian depan, namun kendaraan pelaku belum terjatuh. Pelaku juga nendang kendaraan saya namun tidak mengenai. Pas tendangan kedua baru pelaku terjatuh dan tersungkur," lanjut Reza.

Saat pelaku terjatuh, warga mulai berdatangan hingga menghakimi pelaku. Setelah itu pelaku diserahkan ke polisi.

Reza mengungkapkan ada rasa takut saat mengejar pelaku, namun dengan modal nekat, ia beranikan diri melawan.

"Dulu waktu SD dan SMP saya pernah ikut pencak silat di sekolah. Mungkin karena mempunyai jiwa tersebut saya berani untuk melawan. Saya juga berpesan kepada wanita-wanita apabila dijambret lawan saja," tambahnya.

Kapolsek Sragi AKP Sumantri membenarkan adanya aksi tidak pidana pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Jalan Raya Sragi, tepatnya di Dukuh Gentongwungu, Kelurahan Sragi, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, pelaku sempat dihakimi massa sebelum dibawa ke Polsek Sragi.

"Pelaku merupakan warga Kota Pekalongan yang mengaku baru pertama kali menjambret. Barang bukti yang diamankan yaitu satu sepeda motor dengan bernomor polisi G 2086 ABB dan satu handphone yang dijambret," katanya.

Baca juga: Aksi Heroik Seorang IRT Lawan Spesialis Jambret Kaki Palsu hingga Nyaris Masuk Jurang

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati ketika di berkendara, terutama jangan bermain handphone di jalan karena itu bisa memancing tindak pidana.

"Saya apresiasi kepada korban pejambretan yang berani melawan pelaku jambret hingga kejar-kejaran dengan menggunakan sepeda motor dan ini patut diacungi jempol serta ditiru," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com