Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penusukan Wiranto, Menteri Agama Minta Semua Pihak Gaungkan Moderasi Beragama

Kompas.com - 15/10/2019, 15:36 WIB
Idham Khalid,
Khairina

Tim Redaksi

 

MATARAM, KOMPAS.com- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan, insiden penusukan Menteri Menko Polhukam Wiranto harus dijadikan pembelajaran bagi semua pihak  agar selau meningkatkan kewaspadaan.

“Semoga kita bisa menarik pelajaran di balik peristiwa tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan,” ungkap Menteri Agama ditemui media seusai peresmian gedung baru Universitas Islam Negeri Mataram, Selasa (15/10/2019).

Lukman menyampaikan, peran para cendekiawan harus aktif untuk menangkal serangan-serangan radikalisme yang berkembang di Indonesia dengan cara moderasi beragama.

“Kita harus meningkatkan cendekiawan, para akademisi, ulama, dan kita semua harus menggencarkan, menggaungkan moderasi beragama,” ungkap Lukman.

Baca juga: Politisi PPP Bicara Seandainya Tak lagi Dapat Jatah Menteri Agama

Lukman menilai, era globilisasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat persoalan radikalisme ekstrem semakin besar di kalangan masyarakat.

Lukaman menyebutkan, adalah kewajiban setiap umat beragama, khususnya umat Islam, agar bisa memaknai agama secara eksistensi dan substansi yang sesungguhnya.

“Bagaimana agama yang memanusiakan manusia, jangan justru sebaliknya, kita beragama justru malah merendahkan martabat derajat kemanusiaan kita,” ungkap Lukman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com