Waspadai Hujan Lebat Selama 2 Hari yang Berpotensi Sebabkan Banjir di Sumut

Kompas.com - 13/10/2019, 19:03 WIB
ilustrasi hujan shutterstockilustrasi hujan

MEDAN, KOMPAS.com - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) memprediksi, hujan sedang hingga lebat akan melanda sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut) selama dua hari ke depan.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan melalui prakirawan Utami Khairiyah mengatakan, kondisi tersebut terutama terjadi di daerah pegunungan, lereng barat, dan pantai barat Sumut.

"Waspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir. Karena cuaca ini dapat berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di pegunungan dan perkotaan," ujar Khairiyah kepada wartawan, Minggu (13/10/2019).

Baca juga: BMKG: Hari Ini Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan Ringan

Pada hari Senin (14/10/2019) lanjutnya,  secara umum hujan akan terjadi pada siang dan juga malam hari.

Pada siang hari hujan cenderung terjadi dengan intensitas di daerah Pandan, Tarutung, Sipirok, Kabanjahe, Kisaran, Sidikalang, Balige, Panyabungan, Salak, Dolok Sanggul, Pangururan, Sibolga, Tanjung Balai, Padang Sidempuan, Kota Pinang, Aek Kanopan, dan juga Sibuhuan.

Sedangkan pada malam hari, hujan akan cenderung terjadi dalam intensitas lebat, yakni di daerah Pandan, Sipirok, Sidikalang, Salak, Dolok Sanggul, Sibolga, Padang Sidempuan, dan juga Sibuhuan.

Hari Selasa (15/10/2019) siang, akan terjadi hujan ringan dan hujan lokal secara merata akan berpotensi terjadi di seluruh daerah di Sumut, kecuali Sipirok, Rantau Prapat, Panyabungan, Padang Sidempuan, Kota Pinang, Aek Kanopan, dan Gunung Tua yang cuacanya cerah berawan.

Baca juga: Dedi Mulyadi Sarankan Warga Tedampak Hujan Batu di Purwakarta Direlokasi

Pada malam hari, hujan sedang hingga lebat akan terjadi di Pandan (lebat), Sidikalang (sedang), Salak (sedang), Dolok Sanggul (lebat), dan Sibolga (lebat).

Sementara di beberapa daerah lain hanya berpotensi mengalami hujan lokal dan ringan saja.

"Namun, potensi banjir dan longsor di daerah pegunungan dan perkotaan juga masih dapat terjadi," ujar dia. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X