2 Warga Tewas Saat Kerja Bakti Membersihkan Sumur Masjid di Ciamis

Kompas.com - 12/10/2019, 17:55 WIB
Petugas gabungan dari TNI-Polri dan BPBD Kabupaten Ciamis berusaha mengevakuasi jenasah kedua korban yang tewas di dalam sumur di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (12/10/2019). DOKPetugas gabungan dari TNI-Polri dan BPBD Kabupaten Ciamis berusaha mengevakuasi jenasah kedua korban yang tewas di dalam sumur di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (12/10/2019).

CIAMIS, KOMPAS.com - Dua warga Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis tewas saat membersihkan bagian dalam sumur di Masjid Al Barkah, Desa Talagasari, Sabtu (12/10/2019). Korban atas nama Supriatna (44) dan Wawan (48).

"Kejadiannya sekitar pukul 10.30 WIB," kata Kasat Reskrim Polres Ciamis Ajun Komisaris Risqi Akbar melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/10/2019).

Kejadian ini berawal ketika sejumlah warga kerja bakti membersihkan sumur masjid.

Warga berinisiatif menyedot air sumur karena air mulai berbau. "Warga mulai gotong royong pukul 07.30 WIB," kata dia. 

Baca juga: Pipa Pertamina di Cilacap Bocor, Air Sumur Tercemar Solar, Tanaman Rusak

Kedalaman sumur dari permukaan tanah hingga dasar diperkirakan 10 meter. Sementara itu, tinggi air dari permukaan air hingga ke dasar sekitar 3 meter.

Korban bernama Supriatna pun menyalakan mesin penyedot air. 

Setelah disedot selama kurang lebih satu jam, volume air sumur mulai berkurang. Namun, ujung selang untuk menyedot air tidak sampai menjangkau dasar sumur.

Supriatna lalu turun ke dalam sumur untuk menurunkan mesin penyedot air supaya selang bisa menjangkau dasar sumur. 

Saat mesin diturunkan, kata Risqi, mesin sudah tidak menyala. Korban kemudian mencari bambu untuk menopang mesin agar tidak jatuh ke dalam sumur.

Setelah ditopang bambu, korban menghidupkan mesin. Kemudian, korban turun ke dalam sumur untuk mendekatkan selang ke dasar sumur.

Namun, tak berselang lama, korban berteriak. Dia mengaku kepanasan. "Korban atas nama Wawan kemudian masuk ke dalam sumur untuk menolong korban Supriatna," ucap Risqi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X