Cerita Bidan Fahmi di Flores, Bertaruh Nyawa di Tengah Laut Selamatkan Ibu dan Bayi

Kompas.com - 07/10/2019, 13:11 WIB
Foto : Elisa Fahmi, seorang bidan bertugas di UPT Puskesmas Teluk Maumere, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Flores, NTT saat diwawancara Kompas.com di Maumere, Senin (7/10/2019). KOMPAS.COM/NANSIANUS TARISFoto : Elisa Fahmi, seorang bidan bertugas di UPT Puskesmas Teluk Maumere, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Flores, NTT saat diwawancara Kompas.com di Maumere, Senin (7/10/2019).

MAUMERE, KOMPAS.com- Elisa Fahmi, seorang bidan yang bertugas di UPT Puskesmas Teluk Maumere, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Flores, NTT.

Daerah ia bertugas itu masuk dalam wilayah pulau-pulau kecil di Kabupaten Sikka yakni pulau Parumaan, Pulau Besar, dan Pulau Semparong.

Selama bertugas ia selalu berhadapan dengan medan yang menantang yakni melalui gelombang Teluk Maumere.

Baca juga: Bidan Istri Polisi yang Digerebek Suaminya Berduaan dengan Dokter di Mojokerto Terancam Dipecat

Acapkali ia merujuk pasien dari pulau menuju rumah sakit umum daerah (RSUD) Tc. Hillers Maumere. Ia harus mengarungi gelombang air laut dengan perahu motor.

"Tantangan paling berat kami yang tugas di pulau terluar ini saat pasien dirujuk RSUD Tc. Hillers Maumere. Kami harus lawan gelombang laut untuk tembus di kota demi keselamatan pasien," ujar Fahmi saat ditemui Kompas.com di Maumere, Senin (7/10/2019).

Fahmi mengaku banyak pengalaman unik dan menarik setiap kali mengantar pasien dari pulau ke Kota Maumere terlebih saat cuaca tidak kondusif.

Ia menuturkan, ketika merujuk pasien adakalanya perahu motor macet dihantam gelombang besar.

Saat itu pun perahu dan penumpang terpaksa harus berhenti di tengah laut sembari menunggu kapal yang hendak jemput.

Ia menceritakan, pernah satu kali ada pasien ibu hamil yang mau melahirkan. Perahu yang  ditumpangi terhenti di tengah laut. Situasinya sangat sulit kala itu.

"Kami semua hanya bisa pasrah dan doa. Puji Tuhan kapal yang jemput cepat datang. Pasien ibu hamil pun bisa tertolong. Ia bisa melahirkan di rumah sakit dan bayinya sehat. Saking serunya mengarungi badai di laut, bayi yang baru lahir itu dinamai Badai oleh ayahnya," cerita Fahmi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X