Kisah 7 Surat Ibunda BJ Habibie, Ungkapkan Kerinduan hingga Nasihat

Kompas.com - 13/09/2019, 06:27 WIB
Seseorang menyusun 7 surat dari RA Habibie (ibunda BJ Habibie) yang ditulis di kertas aerogram pada tahun 1967-1970. Saat ini tujuh surat ini berada di Museum Y Al Quran di Medan. Nantinya surat ini akan diserahkan kepada dua anak BJ Habibie untuk disimpan di Museum Habibie. KOMPAS.COM/DEWANTOROSeseorang menyusun 7 surat dari RA Habibie (ibunda BJ Habibie) yang ditulis di kertas aerogram pada tahun 1967-1970. Saat ini tujuh surat ini berada di Museum Y Al Quran di Medan. Nantinya surat ini akan diserahkan kepada dua anak BJ Habibie untuk disimpan di Museum Habibie.

 

MEDAN, KOMPAS.com - Tujuh surat penting  tersimpan di Museum Sejarah Al Qur'an Medan. Surat tersebut didapatkan oleh seorang sejarawan Ichwan Azhari saat masih belajar di Jerman, sekitar tahun 1997.

Sejak lama dia ingin menyerahkannya secara langsung kepada pemiliknya, namun tak kesampaian.

Tujuh surat dalam bentuk aerogram, yakni selembar kertas yang berfungsi sebagai kertas surat sekaligus bisa menjadi amplop itu adalah milik Bacharudin Jusuf Habibie.

Baca juga: Menteri Basuki Sedih Belum Sempat Laporkan Rampungnya Jembatan Habibie

Kamis sore (13/9/2019), di Museum Sejarah Al Qur'an, Ichwan menceritakan kisahnya mendapatkan surat tersebut.

"Surat ini saya temukan di Stuttgart, Jerman saat pameran internasional prangko dan benda filateli," katanya.

Dikatakannya, selama di Jerman ia hobi mengumpulkan benda filateli dari Indonesia. Saat musim liburan dia selalu mendatangi pusat pameran filateli.

Di Jerman, setiap pameran filateli selalu ada prangko dari Indonesia dan juga dari seluruh dunia.

"Itu menjadi kesempatan saya mencari prangko dan surat dari Indonesia, baik yang dikirim ke Jerman dan Belanda," katanya.

Jerman, kata dia, merupakan negara yang memiliki kolektor prangko di dunia. Di sana, ada 3 juta kolektor sehingga filateli hidup di sana dan tiap bulan selalu ada pameran di sana.

Pada tahun 1997, Ichwan yang saat itu tinggal di Hamburg, pergi ke kota Stuttgartt karena pameran besar di sana.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X