Ridwan Kamil: Citra Orang Pintar dan Cerdas Itu Pak Habibie

Kompas.com - 11/09/2019, 22:11 WIB
Mantan Presiden BJ Habibie meninggalkan lokasi usai sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2017). Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato, yakni pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke 73. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIMantan Presiden BJ Habibie meninggalkan lokasi usai sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2017). Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato, yakni pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke 73.

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Presiden ke-3 BJ Habibie sebagai cermin orang pintar dan cerdas. Menurut dia, Habibie merupakan guru bangsa yang kiprahnya patut diteladani.

"Kalau ibu-ibu nanya ke anaknya pasti dibilang harus pinter kayak Pak Habibie, saya juga dulu mengalami momen-momen itu. Citra orang pintar cerdas itu Pak Habibie dan beliau juga guru bangsa kita, bahkan saya sangat kehilangan," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Rabu (11/9/2019).

Baca juga: PWI Jabar Minta Presiden Nobatkan Habibie Sebagai Bapak Kebebasan Pers Indonesia

Mewakili warga dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia mengucapkan duka mendalam atas wafatnya Habibie.


Ia berharap, semua elemen masyarakat bisa belajar untuk melanjutkan cita-citanya membangun Indonesia.

"Kami sangat berduka terhadap berpulangnya Presiden kita yang ketiga almarhum Pak BJ Habibie di Jakarta. Kita sangat kehilangan, beliau sosok inspirator," jelasnya.

Emil mengaku sempat ingin menengok kondisi Habibie saat masih dirawat di RSPAD Jakarta. Namun, saat itu kondisinya tak memungkinkan untuk dijenguk.

"Kemarin sempat mau menjenguk tapi karena kondisi (Pak Habibie) tidak memungkinkan waktu saya di Jakarta. Sempat mau lihat, tapi tidak jadi," kata Emil.

Baca juga: Pesan Habibie Saat Kunjungi Riau 2018 Lalu: Indonesia Butuh Manusia Unggul



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X