SD yang Ambruk di Cianjur Hanya Berjarak 1,5 Kilometer dari Kantor Disdik

Kompas.com - 07/09/2019, 20:24 WIB
Sejumlah siswa SDN Pancawangi Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melintasi bangunan kelas mereka yang ambruk. Para siswa pun terpaksa belajar di lapang beralaskan terpal. KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSejumlah siswa SDN Pancawangi Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melintasi bangunan kelas mereka yang ambruk. Para siswa pun terpaksa belajar di lapang beralaskan terpal.

CIANJUR, KOMPAS.com – Sudah sejak pertengahan Juli 2019, puluhan siswa Sekolah Dasar ( SD) Negeri Pancawangi Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ini harus belajar di luar kelas.

Pihak sekolah terpaksa menggelar terpal di lapangan, di bawah pohon dan di teras depan ruang guru sebagai alas duduk untuk kegiatan belajar-mengajar.

Kondisi ini terjadi akibat ada ruang kelas yang rusak dan ambruk.

Saat hari mulai siang dan udara semakin panas, siswa yang belajar di lapangan akan pindah untuk mencari lokasi yang lebih teduh.


Kegiatan belajar-mengajar sendiri dimulai dari jam 07.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

Pantauan Kompas.com, Sabtu (7/9/2019), para siswa kelas 4 belajar di teras depan ruang guru.

Sedangkan, siswa-siswa kelas 5 dan 6 belajar di pinggir lapangan sekolah.

Ironisnya, letak SD negeri itu hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdik) Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Sudah 2 Bulan, Siswa SD di Cianjur Belajar di Bawah Pohon dengan Alas Terpal

Informasi yang didapat dari pihak sekolah, ruang kelas yang ambruk pada Kamis (5/9/2019) itu, sudah dua tahun tidak lagi digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar.

Sejak dua tahun lalu, bangunan rusak parah. Atapnya juga banyak yang patah.

Sedangkan, dua ruang kelas di sampingnya terpaksa juga dikosongkan sejak dua bulan lalu, karena langit-langitnya sudah jebol.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X