Fakta Pasca-kerusuhan Jayapura, Perintah Jokowi hingga Waspadai Provokasi

Kompas.com - 30/08/2019, 10:35 WIB
Suasana di Kota Jayapura, Jumat (30/8/2019) setelah aksi demo yang berujung rusuh. KOMPAS.com/JOHN ROY PURBASuasana di Kota Jayapura, Jumat (30/8/2019) setelah aksi demo yang berujung rusuh.

KOMPAS.com - Kerusuhan Jayapura pada hari Kamis (29/8/2019) ternyata membuat sejumlah warga di Kota Jayapura memilih mengungsi markas TNI di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Seruan damai dari sejumlah tokoh pun bermunculan untuk mencegah kerusuhan meluas, salah satunya dari Presiden Joko Widodo.

Presiden meminta warga untuk tenang dan tidak bertindak anarkis. Lalu, memerintahkan aparat bertindak tegas terhadap perusuh. 


Sementara itu, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano pun meminta warganya untuk menangkan diri dan menjaga Kota Jayapura tetap kondusif pasca-kerusuhan.

Berikut ini fakta terbaru kerusuhan Jayapura:

1. Presiden Jokowi minta warga Papua tenang dan tidak anarkis

Kondisi Kota Jayapura, Papua, pasca kerusuhan, Jumat (30/8/2019).KOMPAS.com/DHIAS SUWANDI Kondisi Kota Jayapura, Papua, pasca kerusuhan, Jumat (30/8/2019).

Presiden Joko Widodo mengaku terus memantau perkembangan situasi keamanan di Papua, khususnya di Jayapura.

Dirimya pun meminta masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkistis.

"Jadi saya terus mengikuti dan juga saya sudah mendapat laporan situasi terkini di Papua pada khususnya di Jayapura dan saya juga minta masyarakat tenang tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis," kata Jokowi di Purworejo, seperti disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019).

Jokowi menjelaskan, kerusuhan hanya merugikan warga masyarakatsendiri. Fasilitas umum, fasilitas publik, serta fasilitas masyarakat yang sudah dibangun bersama menjadi rusak.

Kepala Negara memastikan, akan ada tindakan bagi mereka yang melakukan pelanggaran hukum.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X