Cerita Warga NTB Saat Kekeringan, Tidak Mandi hingga Sering Menahan Buang Air

Kompas.com - 28/08/2019, 15:19 WIB
Proses pendistribusian air bersih oleh Masyarakat Relawan Indonesia di Desa Sekaroh, Lombok Timur KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDProses pendistribusian air bersih oleh Masyarakat Relawan Indonesia di Desa Sekaroh, Lombok Timur

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com — Warga Dusun Ujung Ketangga, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ( NTB), tidak pernah absen terkena dampak akibat kemarau panjang yang melanda.

Lokasi yang jauh dari pusat kota, di selatan Kabupaten Lombok Timur, dengan jalan yang terjal membuat bantuan jarang sampai ke tempat ini.

Kepala Dusun Ujung Ketangga Baharuddin menyebutkan, warganya setiap tahun kesulitan air bersih saat kemarau melanda.

"Setiap tahun kami kekeringan, keterbatasan air bersih, dari April sampai saat ini," ungkap Baharuddin, Rabu (28/8/2019)


Bahar menuturkan, warganya sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Warga perlu berjalan 1,5 kilometer untuk mendapatkan air sampai ke lokasi sumur.

"Kalau mau mengambil itu sangat jauh, sekitar 1,5 kilometer dari sini, ada namanya Sumur Sembilan tempat orang mengambil air," ujar Bahar.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun Ujung Ketangga, Muliati, mengatakan bahwa setiap musim kemarau, keluarganya sangat irit menggunakan air.

Terkadang, Muliati tidak bisa mandi dan sering menahan buang air besar.

"Kalau sudah masuk musim kering itu, terkadang kami tidak mandi seharian, dan sering menahan buang air. Kami harus ngirit air soalnya" ujar Muliati.

Muliati menyebutkan, untuk mendapatkan air bersih, dia harus menempuh jarak 1,5 kilometer ke Sumur Sembilan.

Namun, untuk mendapat air bersih, dia harus berebut bersama warga lain. Jika kurang cepat, Muliati harus pulang dengan tangan kosong.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X